#7 - Sedikit tapi bermanfaat

Artikel 12 - 18 Agustus 2014


Pernahkah kamu menggunakan parfum….? Tentunya pernah kan. Nah parfum memiliki sifat yang unik yaitu sedikit tapi mampu memberi aroma wangi seluruh tubuh yang menggunakannya. Parfum inti juga sering disebut bibit atau essence.

Banyak orang yang berdalih jika ingin berbagi dengan alasan belum banyak memiliki sesuatu.
  • Ada yang ogah berbagi harta sebab merasa masih miskin.
  • Ada yang sulit berbagi ilmu sebab merasa masih bodoh.
  • Ada yang pelit memahami orang lain sebab merasa memahami diri sendiri lebih sulit apalagi memahami orang lain.

Jika kita menggunakan yang sedikit dan mengekstraknya dengan kuat maka tidaklah mustahil akan seperti bibit parfum yang meski sedikit tapi mampu memberi wangi bagi tubuh yang menggunakannya dan menyenagkan orang di sekitar yang menciumnya. Alangkah indahnya saat semua berbagi tanpa harus menunggu seperti:
  • Memberi sedekah meski kita belum tergolong mampu
  • Mengajarkan hal kecil yang diterima tanpa menunggu kita menjadi ahli
  • Memahami orang lain tanpa menunggu orang lain lebih dulu memahami kita

Janganlah menunda-nunda untuk berbuat baik meski hal tsb dirasa sangat kecil. Meski sedikit maka lakukan lah untuk orang lain, sebab yang banyak belum tentu bermanfaat dan yang sedikit tapi dilakukan dengan ikhlas maka akan memberi syafaat bagi kehidupan orang lain.

Silakan beri komentarmu….
Pernahkah kamu memberi sesuatu pada orang lain meski hal itu baru sedikit kamu miliki? Jelaskan apa hal tersebut dan apa yang menyebabkan kamu mau membaginya dengan orang lain!

Comments

Unknown said…
pernah,ketika ia membutuhkan sesuatu yang tidak ia miliki dan ia sangat membutuhkannya,
ketika saya memberi tidak ada harapan untuk menerima balsannya kembali,tapi karena alan ingin membantu teman yang sedang dalam kesusahan,karena saya juga pernah merasa membutuhkan sesuatu yang saya tidak miliki sebelum,hal tersebut membuat saya tidak kebaratan memberi atau membantunya sealagi itu mampu saya lakukan.
Unknown said…
pernah, karna saya tau bagaimana rasanya tidak punya. itulah alasan saya untuk berbagi. hal tersebut pada pengetahuan & pangan.
aam said…
A.Pernah.saya pernah memberikan sedikit uang kepada pengemis,meskipun saya hanya punya sedikit uang.karena pengemis itu lebih membutuhkan dari pada saya.
Unknown said…
a.Pernah,ketika ada orang yang sangat membutuhkan sesuatu dan saya bisa merasakan bagaimana rasanya tidak punya.tapi saya harus memberikan sesuatu kepada orang itu dengan iklas dan tanpa meminta balasan kepada orang itu,saya suatu hari nanti pasti akan meminta pertolongan kepda orang lain.
Muhammad Rezky Wahyud said…
Pernah,ketika warga meminta wakaf untuk membangun sebuah tempat ibadah, walau hanya sedikit uang tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan saya yakin perbuatan sekecil itu akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Karena memberi kepada sesama itu sangatlah penting. Maka dari itu kita diajarkan saling memberi kepada sesama agar selalu memberi manfaat bagi yang memberi dan yang menerima.
Iky Wahyudi said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
Pernah,ketika warga meminta wakaf untuk membangun sebuah tempat ibadah, walau hanya sedikit uang tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan saya yakin perbuatan sekecil itu akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Karena memberi kepada sesama itu sangatlah penting. Maka dari itu kita diajarkan saling memberi kepada sesama agar selalu memberi manfaat bagi yang memberi dan yang menerima.li
Unknown said…
pernah. ketika teman saya membutuhkan uang tetapi saya hanya sedikit mempunyai uang tersebut. lalu saya berfikir ketika saya diposisinya dan merasakannya kesusahan tersebut. jadi saya memberi uang kepad teman tersebut
Unknown said…
pernah,pada saat saya mempunyai sedikit uang dan ada temen saya ingin meminjam uang karena dia ingin membayar iyuran osis dan lalu saya pinjamkan uang saya kepada dia karena dia sangat membutuhkan uang tersebut dari pada saya.
Unknown said…
pernah,,,,di saat saya tdak mempunyai banyak uang tapi ada orang yang kesulitan , saya ikhlas memberikan sebagian uang saya walau pun uang saya sedikit.
tpi saya senang bisa berbagi dg org lain
Unknown said…
Pernah, saya kebanyakan hanya membantu orang lain atau saya hanya berbagi ilmu dengan orang lain. Masalah memberi sesuatu pada orang lain, saya biasanya hanya bersedekah atau memberi tetangga terdekat sebuah makanan. Saya tidak mempunyai banyak harta atau benda-benda yang saya miliki, tetapi insyaallah dengan ilmu yang saya miliki, saya berusaha memberi dan berbagi ilmu pada orang lain. yang membuat saya memberi sesuatu pada orang lain itu di sebabkan karena saya mempunyai prinsip bahwa apa yang saya miliki bukan sepenuhnya hak kepunyaan saya, seperti ilmu yang saya dapatkan dari berbagai macam cara, serta harta benda yang saya miliki semuanya bukan sepenuhnya milik saya, itu sebabnya manusia di anjurkan untuk bersedekah tanpa mengharap imbalan atau balasan.
riesniawati said…
penah, ketika orang tersebut membutuhkan sesuatu dan saya memilikinya, saya memberikannya kepada orang tersebut dengan tulus, dan tidak mengharap timbal baliknya, tapi saya yakin yang maha kuasa pasti akan membalas semua kebaikin umatNya, yang berniat tulus membantu orng lain. setelah beberapa hari kemudian dengan hal yang tak di duga semua apa yang saya berikan kepada orang tersebut di kembalikan oleh maha Kuasa dengan jalan yang lain bahkan lebih dari apa yang saya berikan kapada orang tersebut.
Unknown said…
muhammad kadafi
pernah,ketika orang tersebut sedang kehabisan minyak dan kekurangan sedikit uang saat itu dia sangat membutuhkan nya, saya sangat kasihan melihat orang itu di saat itu saya mempunyai sedikit uang dan saya kasih ke orang tersebut.
Unknown said…
pernah.
Ketika ada seorang ibu yg membawa anaknya , dia meminta sedikt uang kepada orang untuk membeli makan. Tetapi tidak banyak yg menghiraukannya, meskipun saya tdk mempunyai banyak uang, tetapi tdk salahnya jika saya berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan. Memberi tidak harus mengharapkan imbalan. Tetapi berbagi dengan sesama adalah sesuatu hal yang tak ternilai harganya.
Unknown said…
pernah,saya memberi uang kepada orang yang sangat membutuhkan dari pada saya di waktu itu, walaupun cuma sedikit tapi itu cukup bermanfaat bagi orang itu.
Unknown said…
pernah ,karena dia butuh uang itu karena saya punya uang lebih dikit.
Karena memberi kepada sesama itu sangatlah penting. Maka dari itu kita diajarkan saling memberi kepada sesama agar selalu memberi manfaat bagi yang memberi dan yang menerima.
Unknown said…
pernah,saya pernah memberi anak yatim saat dia tidak punya uang untuk jajan,saya memberi anak itu karena saya akan merasa seperti itu nanti,padahal uang saya untuk membeli buku,saya memberi anak itu tidak mengharapkan apa pun.
Unknown said…
pernah,karena orang itu sangat membutuhkan uang,dan saya hanya punya uang sedikit.tetapi orang itu saya lihat sangat membutuhkan dari pada saya.
hafizblogger321 said…
pernah, saya pernah memberi barang saya kepada orang lain ketika dia sangat membutuhkan bang tersebut. yaitu uang saya, ya bisa di bilang sedikit, bsa juga di bilang banyak, yaitu Rp.7.000,00-_. terserah mau di bilang sedikit bagi anda, namun saya sangat ikhlas untuk memberikan uang tersebut, karena saya sangat merasa sedih kepada diri saya , kalau saya tidak memberikan uang itu. katanya dia mau melunasi hutangnya, karena di desak orang yang menagih hutangnya tersebut.
*mengapa kita tak melakukan, kalau kita masih merasa mampu tuk melakukan hal tersebut. lakukanlah//selagi hal tersebut baek bagi dan menguntungkan buat kita.(yaitu pahala)
Unknown said…
Pernah , saya pernah memberikan sesuatu kepada teman saya .walau itu hanya hal kecil tapi itu akan bermanfaat kepada mereka yang membutuhkan .meski hanya hal kecil namun itu akan selalu teringat .jadi berikanlah sesuatu kepada yang membutuhkan ;) oky all (y)
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Pernah.
Waktu itu saya membantu seorang peminta-minta yang mengetuk pintu rumah saya, meskipun waktu itu saya tidak mempunyai banyak uang, tetapi setidaknya saya hanya dapat membantunya dengan memberi sedikit uang untuk dia dapat mengganjal perutnya yang sedang lapar. Karena dengan hal kecil itulah yang hanya dapat saya lakukan untuknya.
Unknown said…
pernah, ketika saya berpikir mungkin orang itu lebih membutuhkan dari saya. karena saya berpikir bagaimana kalau nanti saya ada di posisi dia.
Unknown said…
Pernah
Ketika seorang teman meminta bantuan untuk menjelaskan pelajaran kepada saya, saya membantunya meskipun saya tidak terlalu bisa dalam hal menjelaskan tetapi saya tetap berusaha untuk menjelaskan kepadanya. Memberi tidak harus dengan materi, tetapi dengan sedikit ilmu dan pelajaran yang bisa diberikan untuk diajarkan dan membuatnya bisa, tidak ada salahnya kita saling berbagi.
Unknown said…
Pernah,karena dia lebih membutuhkan dari pada saya,jadi saya berikan kepadanya harapannya untuk dia lebih menggunakannya ke sesuatu hal yang baik/berguna baginya.
Unknown said…
Pernah, saat saya ingin membeeli sebuah benda dan benda itu telah lama saya inginkan sedangkan uang yang saya punyai hanya cukup untuk membeli barang tersebut ketika saya ingin berangkat tiba-tiba ada seseorang yang meminta tolong pada saya disitu saya bimbang antara menolong atau membeli barang yang saya inginkan dan akhirnya saya memilih untuk menolong teman saya dan menunda untuk membeli barang tersebut dengan hati ikhlas dan percaya bahwa suatu saat nanti saya akan bisa membelinya
Unknown said…
pernah,ketika masih kecil saya pernah membeli mainan kepada teman saya padahal saya sudah banyak memiliki mainan tersebut tetapi pada saat itu saya merasa kasian kepadanya dan saya pun membeli mainan tersebut darinya walaupun pada saat itu saya tidak banyak memiliki uang tetapi hanya itu yg bisa saya berikan kepadanya tapi saya berharap itu bisa membantunya.
Unknown said…
Pernah, ketika teman saya membutuhkan uang saya berikan uang saya meskipun uang yang saya berikan lumayan bisa bantu teman saya.
Unknown said…
pernah.
Saat itu saya sedang duduk-duduk diteras rumah kebetulan pada hari itu sedang ada pasar mingguan di desa saya, tidak lama kemudian saya melihat ada seorang nenek yang ingin pergi kepasar untuk membeli obat. Melihat nenek tersebut saya merasa iba dan menawarkan bantuan kepada nenek itu untuk membelikan obat yang ingin dibeli oleh nenek tersebut. Seperti yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad SAW. Bahwa kita diajurkan untuk saling tolong menolong.
Unknown said…
Pernah, ketika dalam suatu pelajaran ada teman saya yang kurang memahami pelajaran tersebut, saya mencoba menjelaskan kepadanya sampai di mana saya memahami pelajaran tersebut. karena saya berpikir bagaimana nanti jika saya yang berada di posisi nya dan mengalami kesusahan.
Unknown said…
Pernah<pada saat itu ada seorang inu dan kedua anaknya yang kurang mampu dari pada saya yang meminta minta uang di pinggir jalan dan pada saat itu saya memberikan sedikit uang saya kepada merekan yang lebih membutuhkan kepada saya meskipun,pada saat itu uang saya hanya cukup untuk saya sendiri tapi kata hati saya orang itu membutuhkan dari pada saya dan juga banyak orang bilang bahwa tangan di atas itu lebih baek dari pada di bawah dan saya memberikan sedikit uang itu kepada mereka yang lebih membutuhkan.
Unknown said…
pernah ketika saya memberi makanan kepada teman saya yg sedang membutuhkan meskipun sayajuga membutukannya,karena memberi itulebih baik daripada meminta
pernah , saat teman saya membutuhkan uang untuk uang jajan.. tapi dia lupa membawa uang jajannya , dan saya merasa iba dengan dia saya berikan sedikit uang saya walaupun saya sendiri membutuhan uang tersebut untuk membayar administrasi di sekolah.. tapi saya pikir dia lebih membutuhkannya.
Unknown said…
pernah, Saat Saya memiliki makanan yang diberikan oleh ayah Saya waktu Saya kost,Saya memiliki beberapa buah-buahan dan Saya membaginya karena, di sana orang tidak memiliki pohon buah itu
helda wati said…
pernah, ketika teman saya membutuhkan uang untuk membeli bensin.. saat itu teman saya sedang kehilangan uang dan saya berniat untuk memberikan uang saya walaupun saya sangat membutuhkan uang itu untuk membeli bensin juga tapi teman saya lebih membutuhkannya dari pada saya.
Unknown said…
pernah, mungkin orang itu lebih membutuhkan dari pada saya, jadi saya rasa bisa membantunya.
Unknown said…
pernah.ketika ada seorang kakek tua yang sedang meminta-minta dari rumah kerumah dan dia mampir kerumah saya,lalu mengucapkan salam dan meminta sedekah.dan saya pun memberinya meskipun sedikit tapi semoga bermanfaat bagi kakek itu.alasan saya memberi karena kakek tersebut memang sangat membutuhkan uang tersebut dari pada saya.
Unknown said…
pernah, mungkin ada orang yang lebih membutuhkannya dari pada saya, maka dari itu saya rasa bisa membaginya.
Unknown said…
pernah. saat saya pergi ke pasar malam saya meliat seorang pengemis duduk di pinggir jalan untuk menanti rezkinya, lalu saya iba melihatnya, untung saya mempunyai uang sisa belanja walau pun saya membutuhkanya, tapi dalam hati saya masih ada yg membutuhkan dari pada saya, lalu saya berikan saja uang sisa saya kepada pengemis itu.....moga bermanpaat bagi dia...amim
Unknown said…
pernah, saya memberi orang itu karena mungkin dia lebih membutuhkanya dari pada saya walaupun sedikit
Unknown said…
pernah. saat seorang teman yg tdk mngerti cara mngerjakan suatu pelajaran, saya memberitahunya cara untuk menyelesaikan.nya. karena menurut saya tdk ada rugi.nya dalam membagikan hal tersebut.
Unknown said…
pernah.... orang itu ingin meminjam hp saya untuk menilphon orang tua nya untuk menjemput di sekolah SMKN 1 PARINGIN meskipun pulsa saya tinggal sedikit... hal itu tidak membuat saya keberatan untuk meminjamkannya... saya ikhlas.... hahahaha ( tertawa jahat )
Unknown said…
pernah,, saat itu saya membeli tahu isi di terminal lalu saya bertemu dengan teman teman , saat itu teman saya melihat tahu isi itu, dan dia meminta 2 tahu isi katanya aku tidak makan 2 hari 2 malam ( makan tahu isi ) dan saya memberikannya walau punya saya sedikit tetap saya beri karena kasihan sama teman saya.
Unknown said…
Dulu sih pernah, saat itu saya bertanya pada salah satu teman saya, saya bilang “Sampean pernahkah sudah hatam al-Qur’an “, lalu dia jawab “Tiap bulan ramadhan ae q hatam” ujar, lalu saya bertanya kembali, “sampean bisa kah ilmu tajwid” lalu dia mengelengkan kepala. Kemudian saya menunjukan buku tajwid kepadanya, dan kemudian saya mengajarkan padanya “Makharijul huruf”, walaupun kelihatan sepele tetapi ilmu ini sangat penting jika kita ingin membaca al-Qur’an............/// JAR
Unknown said…
Pernah, ketika saya mempunyai obeng hp walau hanya satu kotak, tetapi obeng hp itu sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman ataupun orang lain.
Unknown said…
pernah, yaitu ketika saya sedang berjalan bersama dengan teman teman saya. Lalu ada pengemis yang meminta sedikit makan, dan saya pun memberikannya walaupun sebenarnya saya juga sangat membutuhkan makanan itu, tetapi saya mengira orang itu lebih membutuhkan makanan itu dibandingkan dengan saya.
Unknown said…

pernah walaupun hal yang saya bisa bantu kecil namun mungkin sesuatu itu bisa besar manfaatnya bagi orang yang kita bantu
Unknown said…
pernah, separti halnya saya memberikan uang kepada seorg pengemis yg mngetuk pintu rumah saya, saya tidak akn pernah bisa untuk tidak memberikan sesuatu untuk seorang pengemis karena saya selalu di ajarkan oleh orang tua saya untuk tidak memberi sesuatu pada seorang pengemis aplagi sampai menyuruhnya pergi.
Anonymous said…
pernah ketika saya mungkin memiliki sesuatu yang lebih dari pada org lain pastinya sesuatu yg saya punya akan saya kasih untuk org yg membutuhkan bantuan
Unknown said…
namira aulia

pernah, ketika saya mungkin memiliki sesuatu yg lebih daripada org lain pastinya sesuatu yg saya punya akan saya kasih kepada org yg membutuhkannya
Unknown said…
pernah ketika saya membantu org yg belum saya kenal di jalan ketika org itu membutuhkan bantuan saya sgera membantunya selagi saya bisa membantunya
Unknown said…
pernah, ketika seseorang membutuhkan sesuatu yang tidak ia miliki, saya pun juga pernah merasakan nya, namun saya tau bagai mana perasan seseorang itu dan saya pun dapat memakluminya, karena seseorang itu sangat membutuhkan dan saya pun memberikannya.
fauzi said…
fauzi
pernah pada saat saya di pasar saya melihat pngemis(maaf),di samping saya entah kenapa tngan saya lngsung memberi uang kepada orang tersebut ,
karena orang tersebut lebih membutuhkan dan itu memang hak mereka
halimah said…
pernah,ketika saya melihat org tua yg lgi kesusahan,saya langsung membantunya
halimah said…
pernah,waktu itu ada pengemis saya merasa kasihan dan saya memberinya sedikit uang,meskipun sedikit semoga bermanfaat untuknya
halimah said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
pernah,saya memberi sedikit uang kepada pengemis,meskipun sedikit semoga bisa membantunya
saidah said…
sipernah.memberikan uang kepada yang membutuhkan.walaupun sedikit tpi dia merasa cukup karna dia sangat membutuhkan uang
Unknown said…
pernah, seperti saya memberikan uang kepada teman saya saat dia membutuhkan uang saya juga memberikannya dengan ikhlas tanpa minta balasanild
Unknown said…
pernah,memberi uang kepada pengemis itupun tidak seberapa kerena dia lebih membutuhkan walaupun itu tidak seberapasetidaknya bsa membantu dia untuk makan
nor alfisah said…
pernah,ketika saya melihat teman saya sedang kesusahan ,ssya membantunya
Unknown said…
pernah ,ketika saya lagi bepergian ke sesuatu tempat.dan pada dalam perjalan saya pun menemukan beberapa orang meminta wakap untuk pembangunan suatu mesjid/tempat ibadah.dan saya pun melemparkan sedikit uang saya kepada orang yang memintakan wakap tersebut.meskipun uang saya tidak cukup banyak saya pun dengan ikhlas memberikan nya.
Unknown said…
pernah ,ketika saya lagi bepergian ke sesuatu tempat.dan pada dalam perjalan saya pun menemukan beberapa orang meminta wakap untuk pembangunan suatu mesjid/tempat ibadah.dan saya pun melemparkan sedikit uang saya kepada orang yang memintakan wakap tersebut.meskipun uang saya tidak cukup banyak saya pun dengan ikhlas memberikan nya.
Unknown said…
untung salawasand
Pernah, saya memberikan uang kepada fakir miskin karena melihat kasihan.
Unknown said…
pernah,saya memberi uang kepada gembel karena hati saya iba
Unknown said…
pernah, saya memberikan uang kepada teman karena dia kere :D
Unknown said…
pernah, memberikan ilmu itu penting kepada teman karena ilmu itu wajib d berikan kepada semua orang, tanpa harus melihat segi fisik maupun segi kepintaran..
Unknown said…
Insya Allah pernah,krna sya mrsa kasihan dgan dia dan dia sngat membtuhkan bantuan.
Unknown said…
pernah karna saya tahu rasanya tidak punya sesuatu yang d inginkan namun saya selalu berusaha untuk mendapatkanya semua.
fendy.tbk said…
pernah,ketika saya memberikan suatu benda yang sangat orang itu butuhkan,meskipun benda tersebut masih saya perlukan
habibi said…
pernah,
memberikan uang saat teman tidak punya uang dan saya punya uang lebih, saat itu lah saya memberikan :)
Anonymous said…
pernah,saat sya mempunyai uang hanya tinggal 2000 rupiah dan saya ingin membeli suatu barang tpi teman saya teman saya ingin meminjam uang saya dan saya pun iklas untuk meminjamkan uang sya karna mungkin dia lebih membutuhkan dari sya
Anonymous said…
pernah,saat sya mempunyai uang hanya tinggal 2000 rupiah dan saya ingin membeli suatu barang tpi teman saya teman saya ingin meminjam uang saya dan saya pun iklas untuk meminjamkan uang sya karna mungkin dia lebih membutuhkan dari sya
Anonymous said…
pernah,saat sya mempunyai uang hanya tinggal 2000 rupiah dan saya ingin membeli suatu barang tpi teman saya teman saya ingin meminjam uang saya dan saya pun iklas untuk meminjamkan uang sya karna mungkin dia lebih membutuhkan dari sya
ifan said…
pernah saat teman saya membutuhkan sesuatu barang tetapi dia tidak punya,,dan saya bermaksut meminjamkannya tetapi saya kasihan kepada teman saya dan barang itupun saya berikan kepadanya.
Herman said…
pernah,
keti kasaya memberi uang karena dia tisak punya uang dan kasihan sekali karena keluarganya jaga tidak mampu
Unknown said…
.pernah,ketika ia membutuhkan sesuatu yang tidak ia miliki dan ia sangat membutuhkannya,dan yg membuat saya memberi sesuatu pada orang lain itu di sebabkan karena saya mempunyai prinsip bahwa apa yang saya miliki bukan sepenuhnya hak kepunyaan saya, seperti ilmu yang saya dapatkan dari berbagai macam cara, serta harta benda yang saya miliki semuanya bukan sepenuhnya milik saya, itu sebabnya manusia di anjurkan untuk bersedekah tanpa mengharap imbalan atau balasan.
Unknown said…
pernah,pada saat saya mempunyai sedikit uang dan ada temen saya ingin meminjam uang karena dia ingin membayar iyuran buku dan lalu saya pinjamkan uang saya kepada dia karena dia sangat membutuhkan uang tersebut dari pada saya
muliadi said…
pernah,karna saya tau bagaimana rasanya tidak punya apa yang saya inginkan tetapi saya selalu berusaha untuk mendapatkanya
Unknown said…
A. pernah ketika teman tidak punya uang untuk membeli bensin dan saya pun memberikan sedikit rejeki saya untuk teman saya
Unknown said…
pernah,pada saat saya mempunyai sedikit uang dan ada temen saya ingin meminjam uang karena dia ingin membayar buku pkn dan lalu saya pinjamkan uang saya kepada dia karena dia sangat membutuhkan uang tersebut karena uang dia kurang untuk membayar buku itu,....
pernah ketika saya memberikan jaket ksayangan saya wktu duduk dibngku smp ke teman sya yg kena musibah kebakaran di awayan thun lalu , walau cuma jaket saya rsa itu ckup brguna buat dia biar bisa mnjga tubuh x dari dingin
Unknown said…
pernah,saat saya hanya punya uang 5000,teman saya mau berhutang kepada saya 3000,katanya dia hendak membeli buku,saya memberinya 3000,karna saya tau dia mau membeli sesuatu yang bermanfaat.
Unknown said…
Pernah, ketika orang lain sangat membutuhkan. saya memberi karena saya merasa sangat kasihan terhadap orang itu, dan saya memberi tanpa menginginkan imbalan.
pernah,karna saya tahu bagaimana rasanya tidak punya.itulah alasan saya berbagi,hal tersebut uang dan benda.
a.pernah, saya tahu bagaimana rasa nya kehilangan benda yang sangat berharga, karna itu lah saya saat ini akan menjaganya
This comment has been removed by the author.
sahidilhifni said…
pernah ,saya memberikan uang kepada orang yang lebih membutuhkan dari pd saya walau pun hanya sedikit tetapi bisa membantu orangitu .
akhmadyusuf said…
pernah,, karena saya tak tau rasa berhargax perkataaan orang tua saya
m.suwandi said…
walau pun kecil barangnya itu tpi sangat bermamfaat bagi urang lain
Muliadi123 said…
Pernah ,karna saya tau bagaimana rasanya tidak punya apa yang saya inginkan.
Ahmadi said…
pernah karena ia juga membutuhkannya saya tidak mengharapkan balasanya karena saya juga pernah membutuhkan urang lain
Ahmad Riadi said…
pernah,,ketika warga meminta wakaf untuk membangun sebuah tempat ibadah, walau hanya sedikit uang tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan saya yakin perbuatan sekecil itu akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Karena memberi kepada sesama itu sangatlah penting. Maka dari itu kita diajarkan saling memberi kepada sesama agar selalu memberi manfaat bagi yang memberi dan yang menerima
ahmadi said…
pernah karana pakai parpum itu membuat urang tidak risih saat dekat sama kita
m.riduansyah said…
pernah,krena sya tau bgaimna rasanya tdak punya sesuatu yng saya ingin kan.ketika saya memberi tidak ada harapan untuk menerima balsannya kembali,tapi karena alan ingin membantu teman yang sedang dalam kesusahan,karena saya juga pernah merasa membutuhkan sesuatu yang saya tidak miliki sebelum,hal tersebut membuat saya tidak kebaratan memberi atau membantunya sealagi itu mampu saya lakukan.
ahmad dasuki said…
pernah. ketika teman saya membutuhkan uang tetapi saya hanya sedikit mempunyai uang tersebut. lalu saya berfikir ketika saya diposisinya dan merasakannya kesusahan tersebut. jadi saya memberi uang kepad teman tersebut
Unknown said…
Pernah , saat saya memberi barang koleksi saya yg sangat saya simpan dan saya sayangi , waktu itu ada orang yng mencari-cari barang tersebut dia sudah bersusah payah mencari nya lalu saya sapa dia dan saya tawarkan barang tersebut , tidak lama berunding saya memutuskan memberikan buku itu kepadanya karena dia sangat ingin memiliki buku itu.
saya sangat senang ketika bisa melihat orang bahagia ketika saya melakukan sesuatu yang positif.
pernah ketika saya tau bagaimana rasa x tidak memiliki apa yg sgt kita inginkn . dsitu sya dpt memahami arti dari berbagi
Unknown said…
pernah saya memberi teman saya uang untuk membeli minyak, padahal saya hanya memiliki uang sedikit

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4

Keliru atau Tidak Tahu