#4 Kompeten atau Impoten.....?

Bahan diskusi 1 - 10 Mei 2014

……..sangat tidak lucu jika orang yang TIDAK KOMPETEN diplesetkan dengan IMPOTENSI……


Sebagian besar orang memahami bahwa kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Sementara dalam dunia pendidikan seseorang dinyatakan kompeten ketika dirinya telah memiliki pengetahuan, sikap dan kemampuan. Dalam bahasa yang sederhana bahwa siswa yang kompeten adalah siswa yang pandai dalam teori, sopan dalam bersikap dan terampil mengerjakan sesuatu. Berarti secara jelas 3 syarat tersebut harus dipenuhi bukan pilihan tapi wajib ketiga-tiganya harus dimiliki oleh seseorang jika ingin disebut kompeten.

Bicara kompetensi mengingatkan pada pertemuan saya dengan guru saya ketika STM (Sekolah Teknologi Kejuruan) dulu. Pembicaraan tersebut sangat menarik meski hanya berlangsung sekitar 45 menit dalam perjalanan dari Banjarmasin ke Jakarta. Nah yang menarik, beliau menambahkan 2 karakter khusus melekat pada diri seseorang yang kompeten yaitu:
a.       Waktu, dibuktikan dengan kecepatan seseorang dalam melakukan sesuatu
b.       Presisi, yaitu ketepatan dalam melakukan/menghasilkan sesuatu
Sekarang mari kita analisis sederhana:
-          Kata “dan” diantara waktu – presisi berarti keduanya harus dimiliki, bukan pilihan
-          Barang yang dihasilkan sebaik apapun namun dihasilkan dalam waktu yang sangat lama maka tidak memenuhi kriteria kompetensi
-          Barang dihasilkan secepat apapun namun tidak tepat juga tidak memenuhi syarat kompetensi
-          Contohnya: saat kita memesan sesuatu maka yang diharapkan adalah barang yang baik kualitasnya dan memiliki waktu pemenuhan yang cepat (kita tidak perlu menunggu lama)
Jika dikatikan dengan kondisi pembelajaran di sekolah kita bagaimana…..?
a.       Kategori : TIDAK KOMPETEN
Presisi tepat – ketepatan waktu lemah
Seorang guru yang baik cara mengajarnya, menggunakan metode pembelajaran yang menarik namun seringkali terlambat atau bahkan jarang hadir akan membuat motivasi siswa untuk menerima pembelajaran beliau jadi turun bahkan berbalik jadi antipati
b.      Kategori : TIDAK KOMPETEN
Presisi lemah – ketepatan waktu baik
Seorang guru yang rajin dalam mengajar, masuk tepat waktu namun lebih banyak memberi tugas siswa dengan mengandalkan buku panduan atau LKS. Beliau kurang berani mengekplorasi pertanyaan siswa dan lebih banyak dijawab hanya dengan membaca pada buku panduan (LKS)
c.       Kategori : SANGAT TIDAK KOMPETEN
Presisi lemah – ketepatan waktu lemah
Yaitu guru sering terlambat bahkan banyak alasan tidak mengajar, lalai dengan tidak memberi tugas bagi siswa, pengetahuan yang ditransfer ke siswa lebih banyak berasal dari buku panduan (LKS). Penilaian sangat tidak objektif, hanya mengandalkan kedekatan dan sensitif dengan kritikan (mudah tersinggung jika siswa bertanya terlalu kritis tentang materi atau kinerjanya)
d.      Kategori : KOMPETEN
Presisi tepat – waktu tepat
Terjadi jika seorang guru menerapkan metode yang menyenangkan, mudah dipahami siswa saat dirinya menjelaskan materi, memberi penilaian yang objektif, memiliki jawaban yang langsung mengena pada kondisi siswa, sering ditunggu oleh siswa kehadirannya, bahkan siswa merasa ada yang hilang saat beliau tidak mengajar
Memang tidaklah mudah untuk memenuhi kriteri kompetensi yaitu pemenuhan waktu yang baik dan presisi yang tinggi, namun semuanya perlu proses dan proses tersebut harus dimulai dari sekarang. Berikut ini tips bagi pengajar sebagai modal awal untuk bisa mengajar dengan baik:
a.       Punya tekad yang kuat untuk maju
b.       Memiliki motivasi tiap kali mengajar dengan menganggap siswa yang diajarnya adalah bagian dari dirinya
c.       Tidak malu bertanya atau belajar tanpa memandang umur dan jabatan
d.       Konsistensi (ketaatan) pada perubahan untuk perbaikan
Banyak orang yang hanya termotivasi di awal namun lemah di akhir oleh karena itu kunci terakhir adalah konsistensi untuk perubahan terhadap perbaikan. Sangat tidak lucu jika orang yang TIDAK KOMPETEN diplesetkan dengan IMPOTENSI…. J (by sya)

Sekarang silakan beri komentar:
a. pernahkah kamu menemukan pengajar yang sering telat dan kurang menguasai materi (terlihat saat ditanya, hanya mengandalkan buku pedoman), jika ia maka beliau SANGAT TIDAK KOMPETEN
b. pernahkah kamu menemukan pengajar yg terlambat namun memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? nah beliau juga masuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang mengajar tepat waktu namun kurang menguasai materi? beliau juga termasuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang seringkali hadir dan memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? Beliau ini dikategorikan KOMPETEN

 

Comments

Unknown said…
a. pernah, ada guru yang masuk terlambat dan hanya mendandalkan lks dalam pembelajarannya.
b. ada juga guru yg datang tepat wakru namun sangat membosankan. baru masuk sudah menjawab soal lks. padahal penjelasan materi belum ada.
c. ada juga guru yg datang BISA terlambat namun saat pembelajaran tidak bertumpu pada LKS, kalau ada di buku LKS yg tidak ada maka, ia akan menjelaskan dipapan tulis.
d. ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengajar yg menyenangkan .
Unknown said…
a. pernah ada guru yang masuk terlambat, dan tanpa menjelaskan langsung disuruh mengerjakan tugas di LKS.
b. ada juga guru yang datang tepat waktu, tanpa penjelasan langsung memberi tugas di LKS.
c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tapi menjelaskan sebuah materi memang sungguh-sungguh sampai murid mengerti.
d. ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengajarnya juga sungguh-sungguh menjelaskan sampai murid bisa memahami dan tidak membosankan.
Unknown said…
a. pernah, ada guru yang sudah sering datang terlambat malah setip masuknya cuma memberi tugas saja.
b. ada guru yang datangnya tepat waktu skali tapi yang disayangkan metode pembelajarannya sangat membosankan dan membuat siswa malas belajar.
c. ada guru yang datangnya terlambat namun metode pembelajarannya tidak hanya bertumpu pada lks tapi juga buku-buku yang lainnya yang dijelaskan pada siswa
d. ada juga guru y7ang sudah datang tepat waktu metode pembelajarannya juga sangat menyenangkan.
Unknown said…
a.Pernah,ada guru yang sering telambat masuk dan tanpa menjelasakan langsung disuruh mengerjakan tugas di LKS dan hanya mengandalkan LKS dalam pembelajaran nya.
b.Ada juga guru yang tepat waktu namun sangan membosankan ,memberikan tugas padahal materi belum di jelaskan dan kadang metode pembelajaran sangat membosankan dan membuat siswa tidak semangat atau malas belajar.
c.ada juga datang nya bisa terlambat namun menjelaskan sebuah materi secara sungguh-sungguh dan tidak bertumpu pada metode tapi pada lks tapi juga pada buku-buku lain.
d.ada juga yang yang datang tepat waktu dan cara mengajarkannya yang sangat menyenangkan dan mudah di pahami oleh siswa dan tidak membosankan.
Unknown said…
a.pernah.guru tersebut sudah datang terlambat dan ketika masuk hanya memberi tugas saja padahal materi tersebut belum pernah dijelaskan dan jika bertanya beliau hanya menjawab"baca dulu baru pahami dan jawabannya ada di buku."
b.pernah.meskipun terlamabt tapi guru tersebut saat mengajar memberikan materi dan penjelasan yang mudah dimengerti
c.ada juga guru yang datang tepat waktu namun beliau tidak terlalu menguasai materi sehingga guru tersebut menjelaskan apa yang beliau ketahui saja.
d.pernah.guru tersebut sudah datang tepat waktu dan memberikan materi dan penjelasan yang mudah dimengarti.dan metode pembelajarannya pun menyenangkan sehingga membuat siswa bersemangat mengikuti pelajaran tersebut.
aam said…
A.Penah.Guru itu sering terlambat dan masuk ke kelas hanya di suruh mengerjakan tugas di lks dan tidak di jelaskan terlebih dahulu.
B.Pernah.meskipun guru itu sering terlambat namun pelajaran nya menyenangkan dan mudah di mengerti oleh murid.
C.Pernah.Guru itu masuk ke kelas tepat waktu,namun guru itu tidak terlalu menguasai pelajaran saat menjelaskan.
D.Pernah.guru itu masuk ke kelas tepat waktu dan penjelasannya mudah di mengerti oleh siswa.
riesniawati said…
A. Pernah, beliau sering sekali terlambat masuk kelas, emmm mungkin ga pernah masuk kelas dengan tepat waktu, setelah masuk kelas biasanya beliau langsung menyuruh muritnya mengerjakan tugas di LKS tanpa memberi penjelasan terlebih dahulu.
B. Pernah, meskipun beliau terlambat masuk tapi metode belajar beliau mudah di mengerti, dan membuat murit-murit antusias dalam kelas dan relatif aktif dalam tanya dengan beliau, emmm tapi belau tidak sepenuhnya jua sih terlambat masuk mengajarnya.
C. Pernah. Beliau itu tidak pernah terlambat masuk tetapi metode beliau mengajar cenderung membosankan, bahkan membuat muritnya mengantuk dan beliau pun cenderung tidak menguasi materi.
D. Pernah, beliau itu masuk kelas tepat waktu dan metode belajar beliau tidak membosankan dan penjelasan beliau mudah di mengerti oleh muritd nya.
hafizblogger321 said…
a. pernah, kebanyakanannya sih guru itu banyak yang hanya mengandalkan LKS nya saja< tanpa menguasai metode pembelajaran tsb.
b. ada guru yang masuk tepat waktu namun dalam penjelasannya tidak kompeten sama sekali(membosankan)
c. ada guru yang datang terlambat namun penjelasan nya tidak bertumpu pd LKS< dan itu juga guru yang tidak kompeten
d. ada guru yang tepat waktu dan pembelajarannya juga menyenangkan, tfe kalau tidak menyenanngkan itu berarti sama saja membosankan
Unknown said…
a. pernah, ada guru yang masuk terlambat dan guru itu hanya mengandalkan lks saja dalam mengajar dan hal tersebut tdak layak untuk di jdikan contoh
b. ada juga guru yang datang tepat waktu tpi caranya mengajarkan membosankan dan tdak rme...
c.ada juga guru yang datang terlambat tpi cara menjelaskan ke muridnya sangat baik dan mudah di pahami
d.ada juga guru yang dapang terlambat dan ia mengajarnya menyenangkan sehingga murid tidak bosan
Unknown said…
a. pasti ada lah, guru itu cuma mengandalkan buku lks dalam pembelajarannya
b. itu jaga ada, datang tepat waktu tapi langsung beri tugas, padahal belum di jelaskan.
c. mungkin ada, datang terlambat tapi kalau dalam pembelajaran yang ada dalam lks itu di jelaskan di papan tulis. tidak terlalu bertumpu lahh.
d.ada, itu pelajaran yang paling menyenangkan
Unknown said…
a. ada. sering terlambat dan saat ditanya tidak ingin menjawab malah menyuruh murid nya yang mencari jawabannya
b. pernah. tapi guru tersebut memberikan penjelasan yang mudah dipahami
c.pernah dan hanya mengandalkan buku pedoman
d. ada dan guru tersebut memberikan penjelasan yang mudah dipahami
Unknown said…
A. Pernah. Hanya mengendalkan buku saja
B.pernah. tp cukup mudah dlm memberikan pelajaran
C. Pernah. Hanya mengandalkan buku pedoman saja
D.pernah ini lah yg sangat menyenangkan jarang terjadi
Unknown said…
a. sangat sering saya menemukan pengajar yang sering telat masuk pada jam pelajarannya, namun masalah guru mengusai materinya atau tidak, itu kebanyakan guru sudah mengusai materi yang akan di ajarkannya ke siswa. Tapi, jika guru tersebut tidak mengusai materi mungkin guru tersebut mengajar bukan di bidang keahliannya. Menurut saya guru tersebut kurang kompeten.
b. pernah, tapi tidak semua guru bisa melakukan metode belajar dengan menyenangkan, itu memang sangat tidak kompeten.
c. Menurut pendapat saya, guru yang tepat waktu mengajarnya, otomatis guru tersebut pasti mengusai materi yang dia ajarkan dengan baik. Sangat tidak mungkin guru tidak mengusai materi ketika masuknya tidak telat.
d. Pernah, jika semua guru bisa menerapkan metode tepat waktu mengajarnya dan mengusai materi serta menyenangkan, maka bisa di jamin siswa itu akan mudah memahaminya.
Unknown said…
a. pernah, ada guru yamg masuk terlambat dan guru tersebut hanya mengandalkan buku lks dalam penyampaian materi

b.ada juga guru yang datang tepat waktu tetapi dalam metode belajar guru tersebut langsung menyuruh mengerjakan tugas padahal materi tersebut belum pernah disampaikan.

c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tetapi dalam penyampaian materi guru tersebut menjelaskan dengan sungguh-sungguh dan tidak terlalu bertumpu paa buku LKS saja

d.ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara penyampaian guru tersebut menyenangkan
Unknown said…
a. pernah, ada guru yang masuk terlambat dan hanya mengandalkan buku modul/LKS dalam memberi pelajaran tersebut.
b. ada juga guru yang datang terlambat tapi memberi penjelasan langsung di LKS.
c ada guru yang datang terlambat namun metode pembelajarannya tidak hnya bertumpu pada LKS tapi juga buku-byky lain untuk di jelaskan pada siswa
d. ada juga guru yang datang tepat waktu namun pembelajarannya juga menyenangkan.
Unknown said…
a.pernah, guru yang terkadang masuk terlambat laulu langsung memberikan tugas pada buku LKS
b. ada juga guru yang datang tepat waktu teti ketika masuk langsung memberikan tugas tanpa ada penjelasan materi sebelumnya.
c.dan ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengarnyapun menyenangkan hingga membuat murid mudah untuk memahami materi yang dijelaskan tersebut.
Unknown said…
a. sering sekali. terlambat masuk dan hanya memberikan tugas saja.
b. ada juga yang datang tepat waktu tapi tidak memberi penjelasan.
c. ada juga yang datang terlambat tapi bisa membuat memberi penjelasan yang baik.
d. ada juga yang tepat waktu dan jbisa membuat susasana kalas xaman
Unknown said…
rifkyhidayat
xin3xa
a. pasti ada lah, guru itu cuma mengandalkan buku lks dalam pembelajarannya
b. ada juga guru yg datang tepat wakru namun sangat membosankan. baru masuk sudah menjawab soal lks. padahal penjelasan materi belum ada.
c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tapi menjelaskan sebuah materi memang sungguh-sungguh sampai murid mengerti.
d.ada juga yang yang datang tepat waktu dan cara mengajarkannya yang sangat menyenangkan dan mudah di pahami oleh siswa dan tidak membosankan.
Unknown said…
a.pernah, kebanyakanannya sih guru itu banyak yang hanya mengandalkan LKS nya saja< tanpa menguasai metode pembelajaran tsb.
b. ada guru yang masuk tepat waktu namun dalam penjelasannya tidak kompeten sama sekali(membosankan)
c. ada guru yang datang terlambat namun penjelasan nya tidak bertumpu pd LKS< dan itu juga guru yang tidak kompeten
d. ada guru yang tepat waktu dan pembelajarannya juga menyenangkan, tfe kalau tidak menyenanngkan itu berarti sama saja membosankan
A.pernah guru x jarang masuk saat msuk cuma brpijak pda lks
B.ada juga guru yg slalu hdir tpi sgt mmbosankn krna jrg mnghibur
C. juga ada guru yg sering trlambat tpi mnyenangkn saat mngjr mudh di phmi
D.ada juga guru yg tepat wktu dan cara mngjarx sgt seruu

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4

Keliru atau Tidak Tahu