#6 - Sederhanaaaaaaaa

Bahan Diskusi 19 - 24 Mei 2014




……..sederhana artinya bersahaja, tidak berlebih-lebihan……(KBBI)


Seringkali kita mendengar kata sederhana, bahkan hal tersebut jamak disebutkan oleh setiap orang di sekitar kita. Namun apakah konsep hidup sederhana itu semudah kita mengucapkannya?

Sederhana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersahaja dan tidak berlebih-lebihan. Setiap orang memang tidak dilarang untuk hidup bekecukupan, namun tahukah kalian bahwa cukup itu sangat relatif (tidak memiliki takaran yang baku atau standar bagi setiap orang) berikut ini beberapa kondisi yang seringkali kita temukan di sekitar kita:
a.       Berpakaian tidaklah perlu mahal yang penting bersih dan rapi. Sebagian orang seringkali terkesan untuk berpakaian yang modern sesuai trend namun lupa akan arti bersih dan rapi. Seorang rekan saya pernah berseloroh (bercanda) “….seseorang disebut kaya jika pakaian yang pernah dipakainya tidak akan dipakainya lagi….” Dengan kata lain jika kamu pernah menggunakan pakaianmu lebih dari 1 kali maka kamu katanya TIDAK KAYA. Memang hal tersebut tidaklah menjadi ukuran namun ada yang perlu kita ambil point pentingnya yaitu, hiduplah sederhana
b.       Hidup sederhana juga dicontohkan kepala sekolah kita yang meskipun secara keuangan beliau cukup mampu untuk membeli mobil seperti kebanyakan orang, namun beliau tetap bersahaja dengan sepeda motor tercintanya
c.       Gadget atau benda elektronik seperti HP merupakan benda yang paling cepat mengalami perubahan. Jadi hiduplah sederhana dengan tidak perlu berganti-ganti HP untuk memuaskan diri hanya karena tidak mau ketinggalan zaman. Sungguh ironis HP yang canggih namun ternyata pengggunaannya hanya seputar sms dan telepon yang jika menggunakan HP sederhanapun masih bisa dilakukan
d.       Dan lain-lain

Sekarang bagaimana arti sederhana jika dikaitkan dengan konteks pembelajaran antara guru dan siswa di sekolah? Mari kita cermati berikut ini:
a.       Jadilah siswa yang sederhana dengan berpakaian rapi dan bersih tanpa harus selalu mengikuti trend yang seringkali diluar budaya ketimuran kita.
b.       Jadilah siswa yang sederhana selalu bersahaja dengan tenang mengikuti pelajaran dalam kelas dan mengajukan pertanyaan yang memang tidak dipahaminya
c.       Jadilah siswa yang sederhana dengan memahami kondisi keuangan orang tua sehingga tidak perlu harus memaksa orang tua membelikan HP atau sepeda motor untuk pergi ke sekolah
d.       Jadilah siswa yang sederhana dan bijaksana dalam menggunakan uang saku yang diberikan orang tua untuk kepentingan sekolah
e.       Jadilah siswa yang sederhana dengan tidak pernah melupakan untuk mengucapkan salam atau menunduk saat bertemu dengan yang lebih tua (gurumu)
….seorang siswa saya setiap kali bersamaan menuju sekolah atau sepulang sekolah, dirinya tidak pernah mau mendahului saya meskipun jika mau dia bisa melakukannya, namun dirinya tetap berada di belakang saya…..itulah etika yang kuat tertanam dalam dirinya
f.        Jadilah guru yang sederhana dengan tetap mengajar meskipun memiliki pekerjaan lain yang menyita waktu di sekolah, sebab mengajar adalah kewajiban yang diamanahkan negara bagi seorang guru
g.       Jadilah guru sederhana dengan tidak melebih-lebihkan kemampuan siswa yang memang tidak mampu dalam bentuk penilaian. Sebab jamak ditemukan guru tidak memiliki dasar kuat dalam memberi nilai sehingga nilai yang diberikan hanya menggunakan “feeling” tanpa bukti yang otentik (nyata)
h.       Jadilah guru sederhana yang selalu mengupayakan pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan siswa, sehingga siswa bersemangat dalam mengikuti uraiannya.
i.         Jadilah guru sederhana yang secara periodik meminta masukan akan kekurangannya dalam mengajar dari siswa yang diajarnya atau rekan sejawatnya
j.         Jadilah guru sederhana yang mampu memberikan contoh dan teladan bagi kebersahajaan dengan rajin mengajar, datang tepat waktu dan sabar dalam menerima perbedaan kemampuan siswa
k.       Dan lain-lain

Hidup sederhana memang tidaklah sesederhana mengucapkannya, namun upaya untuk perubahan menuju perbaikan jauh lebih mulia dibandingkan menyerah dan tidak melakukan apapun…. 

Silakan komentari:
a. sudahkah kamu hidup sederhana, beri contohnya
b. sudahkah gurumu mengajarmu dengan cara yg sederhana sehingga mudah kamu mengerti dan kamu sukai teknik menagajrnya, beri contohnya

Comments

Unknown said…
a. Sudah, seperti menghemat uang saku dan sisanya di tabung, serta berpenampilan sederhana dan rapi tanpa berpakaian yang mahal.
b.Sudah,seperti memberikan contoh soal dan membahasnya bersama-sama dan itu sangat membuat siswa mengerti. Atau guru tersebut memberikan contoh di kehidupan masyarakat sehingga membuat siswa terinspirasi dengan catatan cerita tersebut bernilai positif.
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
a.sudah karena tidak perlu bahan yg mahal dan bermerk yg penting fungsional
b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
Unknown said…
a.sudah seperti menghemat uang saku,tidak menggunakan untuk keperluan yang kurang bermanfaat.
b.sudah.seperti menjelelaskan pelajaran dengan memberikan contoh-contoh yang sederhana tentang materi yang diberikan yang mudah dipahami oleh siswanya dan dengan cara mengajar sengan santai tetapi serius.
Unknown said…
A.sudah,'mungkin'karena saya berpakaian dan berprilaku apa adanya.'itu termasuk sederhana kannnn..
b.b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
Unknown said…
a.sudah,'mungkin'karena saya berpakaian dan berprilaku apa adanya.'itu termasuk sederhana kannnn..
b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
yang tdi msuk d e mail jailani pa
Unknown said…
A. sudah, seperti menghemat uang saku untuk di tabung untuk keperluan di waktu yang akan datang dan tidak berpenampilan berlebihan.

B. sudah seperti menjelaskan pelajaran dengan memberikan contoh sederhana tentang materi yg di sampaikan dan salah satu contohnya adalah dengan memberikan program e-Learning agar dapat menghemat pulpen dan kertas.
Unknown said…
a. sudah . karena saya sudah berpakaian rapi , dan saya menyisakan sedikit uang belanja untuk ditabung , dan saya juga berpakaian sederhana walaupun tidak bermerek
b. sudah . dengan adanya buku modul dapat mengurangi penggunaan buku tulis.
Unknown said…
A.sudah seperti menghemat uang , berpenampilan sederhana dan rapi jangan suk banyak uang , berpakaian yang mahal-mahal.
B.sudah seperti menjelaskan pelajaran yang di ajar guru.
Unknown said…
a.sudah,seperti menghemat uang saku menggunakan buat yang bermanfaat,perpakaian yang sederhana dan berprilaku apa adanya.
b.Sudah,Seperti Memberikan contoh soal dan menjelaskan pelajaran sampai siswa dan siswi bisa memahami contoh-contoh sederhana yang di berikan.
aam said…
A.Sudah,kalau ada uang yang berlebihan di tabung untuk waktu yang akan datang.Dan selalu berpenampilan rapi dan sederhana.
B.Sudah,setelah di adakan program belajar dengan menggunakan elearning itu kita bisa lebih mengerti dan menghemat pulpen dan kertas.
Unknown said…
a.sudah,seperti menyisihkan sisa uang saku atau sisa jajan pada tiap hari nya
b.sudah,seperti menjelaskan dengan sedarhana dan sangat mudah dipahami
Unknown said…
a.sudah,dengan menyisihkanuang saku,atau sisa jajan pada tiap harinya
b.suda,seperti menjelaskan dengan sedarhana namun mudah dipahami pada setiap materi yang dibahas
riesniawati said…
a. sudah, seperti menghemat uang saku,dengan cara menabungnya untuk keperluan, mendadak di suatu hari nanti, contoh: membeli modul, buku tulis dan keperluan lainnya.
b.sudah,seperti memberikan materi yang mudah di pahami oleh muritnya, dan terkadang meringkaskan materi yang sangat panjang pembahasannya, sehingga muritnya bisa memehami materi tersebut dengan mudah.
Unknown said…
A. sudah, seperti menghemat uang dan sisanya saya tabung, dan berpakaian rapi tapi sederhana tanpa pakaian mahal.
B.sudah salah satu seperti menghemat buku tulis dengan adanya elearning.
hafizblogger321 said…
a. sudah, hidup memanglah jangan terlalu sombong hanya dikarnakan merasa pakaian atau benda-benda yang dipakainya saat waktu itu, dikarnakan semagah-megahnya, semewah-mewahnya, sekaya-kayanya bahkan sehebat-hebatnya apapun. "tetap ada tandingannya" maka dari itu jangan lah hidup itu terlalu sombong ataupun pakaian-pakaian yang mahal-mahal
b. sudah, guru yang memberikan penjelasn yang positif maka hasilnya pun pastilah yang akan positif, dan dalam penjelasan itu haruslah ada varias-variasinya seperti ada tawa canda di dalamnya(tidak mesti serius terus dalam pembelajarannya).
Unknown said…
A. Sudah. Dengan cara berpaakaian rapi dan bersih tidak perlu meniru org gaya macam-macam seperti sekerang yang penting rapi dan bersih

B. Sudah. Dengan menjelaskan secara sederhana tidak berbelit-belit agar murid bisa memahaminya
Unknown said…
a.sudah, seperti menabung dan mengurangi jajan, dan tidak mengikuti tren jaman sekarang yang serba mahal, kita cukup berpakaian yang sederhana, untuk menghemat.
b.sudah, contohnya memberikan pertanyaan dan memberi soal lalu menjelaskan bersama sama,membuat tugas di elerning itu pun juga untuk menghemat kertas,
Unknown said…
A. sudah, seperti menghemat uang jajan yang diberikan orang tua yang sebagian disisihkan untuk menabung atau mempergunakannya untuk hal-hal yang berguna.
B. sudah seperti memberikan rumus yang mudah diingat oleh para siswa sehingga memudahkan siswa mempelajari pelajaran yang diajarkan.
Unknown said…
a. sudah, seperti menghemat uang saku dan sisanya ditabung dan menggunakan hanya seperlunya tidak berlebihan.
b. sudah, seperti menjelaskan sebuah materi pelajaran dan memberikan contoh-contoh yang sederhana mudah dipahami oleh siswanya.
Unknown said…
a. Sudah, Dalam kehidupan sehari-sehari seperti jajan itu dikurangi biasanya rp 10.000 sehari bisa kita hemat menjadi 5000-6000 sehari dan sisanya itu bisa untuk di tabung Ada juga maanfaat uang saku yang di berikan ortu kita untuk kita...
b. sudah,salah satunya dengan program elearning hal tersebut membuat kita jadi lebih tau tentang dunia internet dan bagaimana penggunaannya
Unknown said…
a. sudah, dengan menghemat uang saku dengan tidak membeli makanan secara berlebihan, dan kita bisa tabung sisa uang yang tidak atau lebih.

b. iya boss, dengan memakai sistem menabung kita bisa menghemat biaya saat kita lagi kena kanker (kantung kering) dengan menyediakan sistem menabung disekolah.
Unknown said…
a. sudah, dengan menghemat uang saku dengan tidak membeli makanan secara berlebihan, dan kita bisa tabung sisa uang yang tidak atau lebih.

b. iya boss, dengan memakai sistem menabung kita bisa menghemat biaya saat kita lagi kena kanker (kantung kering) dengan menyediakan sistem menabung disekolah.
Unknown said…
a. Mungkin sudah, seperti menggunakan uang seadanya
b. sudah , seperti memberikan penjelasan lalu memberikan contoh soal dan dibahas sama sama
Unknown said…
rifki hidayat
xi n3xa

a. Sudah, seperti menghemat uang saku dan sisanya di tabung, serta berpenampilan sederhana dan rapi tanpa berpakaian yang mahal.
b.Sudah,seperti memberikan contoh soal dan membahasnya bersama-sama dan itu sangat membuat siswa mengerti. Atau guru tersebut memberikan contoh di kehidupan masyarakat sehingga membuat siswa terinspirasi dengan catatan cerita tersebut bernilai positif.
Unknown said…
a. sudah, seperti menghemat uang saku dan juga mengatur uang dan tidak boros dalam berbelanja.
b. sudah, seperti merisum. mbalajar mengambil ide pokok dan yang penting nya saja dan tida berpanjang lebar dengan mencatat semua isi yang ada.
Unknown said…
A. sudah, seperti menghemat uang saku untuk di tabung untuk keperluan di waktu yang akan datang dan tidak berpenampilan berlebih-lebihan.

B. sudah seperti menjelaskan pelajaran dengan memberikan contoh sederhana tentang materi yg di sampaikan dan salah satu contohnya adalah dengan memberikan program zelio agar dapat dimengerti.
A.sudah sya bljar hidup sdrhna udh dari bngku smp hingga kini brpnmpiln apa adax
B.pernah sperti mnyuruh memanfaatkn kertas bekas buat tugas , selagi hemat juga bermanfaat
Unknown said…
1.sudah,seperti menyisihkan uang saku untuk menabung uang
2.sudah, seperti menjelaskan suatu masalah dengan singkat dan jelas
Unknown said…
a.Sudah,seperti membeli sesuatu secukupnya dan tidak berlebihan
b.sudah,seperti mengajak siswanya untuk ikut aktif dalam belajar,diajari bagaimana rasanya hidup sederhana

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Keliru atau Tidak Tahu

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4