Oktober - 4 - Kisah tukang kayu


Materi Komentar Oktober-4
….Kisah tukang kayu….

Seorang tukang bangunan yang sudah tua berniat untuk pensiun dari profesi yang sudah ia geluti selama puluhan tahun.  Ia ingin menikmati masa tua bersama istri dan anak cucunya. Ia tahu ia akan kehilangan penghasilan rutinnya namun bagaimanapun tubuh tuanya butuh istirahat. Ia pun menyampaikan rencana tersebut kepada mandornya.  Sang Mandor merasa sedih, sebab ia akan kehilangan salah satu tukang kayu terbaiknya, ahli bangunan yang handal yang ia miliki dalam timnya. Namun ia juga tidak bisa memaksa.
Sebagai permintaan terakhir sebelum tukang kayu tua ini berhenti, sang mandor memintanya untuk sekali lagi membangun sebuah rumah untuk terakhir kalinya.
Dengan berat hati si tukang kayu menyanggupi namun ia berkata karena ia sudah berniat untuk pensiun maka ia akan mengerjakannya tidak dengan segenap hati.  Sang mandor hanya tersenyum dan berkata, "Kerjakanlah dengan yang terbaik yang kamu bisa. Kamu bebas membangun dengan semua bahan terbaik yang ada." Tukang kayu lalu memulai pekerjaan terakhirnya. Ia begitu malas-malasan. Ia asal-asalan membuat rangka bangunan, ia malas mencari, maka ia gunakan bahan-bahan berkualitas rendah. Sayang sekali, ia memilih cara yang buruk untuk mengakhiri karirnya. Saat rumah itu selesai. Sang mandor datang untuk memeriksa. Saat sang mandor memegang daun pintu depan, ia berbalik dan berkata, "Ini adalah rumahmu, hadiah dariku untukmu!" Betapa terkejutnya si tukang kayu. Ia sangat menyesal. Kalau saja sejak awal ia tahu bahwa ia sedang membangun rumahnya, ia akan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Sekarang akibatnya, ia harus tinggal di rumah yang ia bangun dengan asal-asalan. Inilah refleksi hidup kita!

Pikirkanlah kisah si tukang kayu ini. Anggaplah rumah itu sama dengan kehidupanmu. Setiap kali kamu memalu paku, memasang rangka, memasang keramik, lakukanlah dengan
segenap hati dan bijaksana.  Sebab kehidupanmu saat ini adalah akibat dari pilihanmu di masa lalu. Masa depanmu adalalah hasil dari keputusanmu saat ini.

Silakan beri komentar
Ceritakan apa yang kamu rasakan sekarang yang merupakan hasil dari perbuatanmua dulu….

Comments

Unknown said…
dulu saya itu sangat berusaha untuk membuat makanan yg saya suka, saya mencoba berkali-kali dan akhirnya berhasil.....
nor alfisah said…
dulu saya terus berusaha untuk menjadi seorang paskibraka dengan cara berlatih PBB,melatih fisik dan melatih mental saya, agar ketika pada masa carantina saya tidak kaget lagi ,sekarang ketika saya telah melalui masa carantina yang luar biasa , akhirnya saya menjadi anggota paskibraka dan saya bahagia karena usaha saya tidak sia-sia .
m.rifky said…
Dulu sya berusaha keras buat bisa dan mahir dlm sliding di tikungan haampir 1 thun berlatih akhirnya bisa wlau sering kecelakaan saat latihan disirkuit balap ini suatu hal yg sgt sya banggakan
Unknown said…
dulu saya sangat berusaha untuk membuah gambar di visio padahal saya tidak bisa tapi lama kelamaan saya bisa
Unknown said…
dulu berusaha untuk meyakinkn ibu saya untuk sekolah yg saya tempati ini dan alhamdulilah ibu saya mau menyekolahkan saya di sini
Unknown said…
dulu saya mpernah mau sesuatu lalu saya berusaha lama kelamaan tercapai juga
Unknown said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba berkali-kali dengan jatuh bangun,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor.
supiyanto3 said…
dulu saya berusaha untuk meninggalkan hal2 yang negatif,dan akhirnya saya pun bisa
muliadi123 said…
Dulu sya berusaha keras buat bisa dan mahir dlm sliding di tikungan haampir 1 thun berlatih akhirnya bisa wlau sering kecelakaan saat latihan disirkuit balap ini suatu hal yg sgt sya banggakan
Unknown said…
dulu saya ingin sekali keluar dari (B)dan saya pun memilih untuk keluar ,tapi sekarang saya agak sedikit menyesal setelah keluar dari sana.
aisyah said…
dulu saya ingin membeli sesuatu yang saya ingin kan sekali dan saya menabung biar saya dapat membelinya ,dan lama kelamaan saya berhasil mendapat kan nya
riska said…
dulu saya tidak bisa bersepeda motor tetapi sekarang saya sudah bisa bersepeda motor dengan berusah keras dan belajar akhirnya saya bisa.
sahidah said…
ingin membeli netbook.kata orng tua hrus belajar supya dpt nilai baik..ternyatapas kenaukan klzmsuk 10besar,dan sekarang orng tua membelikn apa yg saya inginkan
M.Ramli said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba terus menerus sampai saya jatuh bangun,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor
ahmadi said…
dulu saya sering dapat kecelakaan dengan tidak mematuhi peraturan
Unknown said…
dulu saya sangat susah sembahyang, tapi karena upaya saya untuk mengubah diri saya jdi, alhamdulillah saya sekarang bisa melaksanakannya.
Unknown said…
dulu saya sangat ingin mengggunakan kendaraan saat pergi kesekolah tapi saya belum di bulehkan untuk mengendarainya dan sekarang saya di perbolehkan untuk menggunakannya
Unknown said…
Dulu saya sangat susah solat, tapi dengan keinginan saya , alhamdulillah saya sekarang bisa melaksanakannya.
Unknown said…
Dulu saya ingin sekalibersekolah di smkn1 paringin itu cita-cita yang saya inginkan dari dulu dan alhamdulillah tercapai saya menjadi murid dan duduk di bangku sekolah smkn1 paringin.
I LOVE YOU SMKN 1 PARINGIN
Unknown said…
Pernah,dulu saya tidak bisa membalik arah sepeda motor dan kelewatan dan sampai jatuh ke selokan,dan saya mengalami trauma tidak ingin lagi mengendarai sepeda motor saatsaya sekolah mts kelas 1,dan setelah kelas tiga saya memberanikan diri untuk mencoba menaiki kendaraan lagi dan alhamdulillah saya bisa sampai sekarang.
Unknown said…

dulu saya menginginkan sesuatu saya berusaha an bekerja keras akhirnya tidak sia sia semuanya dan saya mendapatkannya....
Dulu, ketika saya ingin mendapatkan sesuatu yang sangat saya inginkan saya selalu berdo'a dan selalu berusaha untuk mendapatkannya dan saya selalu optimis untuk mendapatkan apa yang saya inginkan. dan hasilnya, Alhamdulillah saya bisa mendapatkannya.
Unknown said…
dulu saya sangat berusaha keras dalam menjagling bola, dan akhirnya saya mulai mahir dalam menjagling bola,
Unknown said…
Dulu saya ingin sekalibersekolah di smkn1 paringin itu cita-cita yang saya inginkan dari dulu dan alhamdulillah tercapai saya menjadi murid dan duduk di bangku sekolah smkn1 paringin
Anonymous said…
dulu saya sangat ingin membeli barang yang sngat saya ingin kan dan saya berusaha menyisakan sebagian uang saya untuk membeli benda tersebut setelah uangnya terkumpul saya mendapatkan benda tersebut.
Unknown said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba terus menerus sampai saya jatuh bangun dan sampai saya luka parah pun pernar saat sya alami,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor dangan baik..
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba terus menerus sampai saya jatuh bangun namun saya tetap berusaha,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor dangan baik..
Unknown said…
dulu saya lagi tidak mempunyai kendaraan dan pergi kesekolah terkadang bingung mau ikut siapa. tapi karena dulu saya dan ortu saya sering mengumpulkan uang jadi alhamdulillah sekarang sudah mempunyai kendaraan mulai masuk smk.
Unknown said…
saat saya memberikan sesuatu yang saya miliki dan sesuatu itu sangat berharga untuk saya,tapi teman saya lebih membutuhkannya,dan saya berikan kepada teman saya walau dengan berat hati,tapi karena itu sekarang dia selalu baik dengan saya,selalu membantu saya,dll.
fendy.tbk said…
dulu saya menginginkan sesuatu yang sangat berhaga,saya selalu berusaha dan kerja keras,,,dan keinginan saya pun tercapai,,,,,tentunnya dengan perjungan dan do'a
Herman said…
dulu saya sangat ingin sekali mempunyai kendaraan sendiri untuk pergi kesekolah tapi saya belum punya dan tidak di bulehkan untuk mengendarainya dan sekarang saya sudah dibelikan,
Unknown said…
dulu saya kurang bersukur apa yang diberikan orang tua, tetapi sekarang sudah bersukur karena saya sudah tau susahnya mencari nafkah.
m.noor ifansyah said…
dulu saya ingin sekali bisa didalam bidang pramuka saya selalu ikuti kegiatan yg ada di sekolah,da sayaan akhirnya semua itu tercapai berkat usah dan do,a
Unknown said…
dulu saya berusaha agar tidak lagi keluar peringkat 10 besar, dan sekarang alhamdulillah semua itu dapat saya capai.
Zidy [D] said…
dulu saya sangat ingin bisa bermain sepak bola , dan saya terus latihan dan berusaha agar bisa menjadi pemain VS Balangan :D
Unknown said…
Dulu jua nah paksa.ai meumpati orang jua .
kemarin itu saya sering bolos , dan akhir nya banyak pelajaran yang tertinggal dan nilai-nilai pun pada jelek . Saya sangat menyesal , saya akan memperbaiki nya ! :)
Ahmad Dasuki said…
dulu waktu kecil sya takut pada kegelapan dan enggan keluar malam lalu ketika ada acara pengantin sya tidak berani pulang karena takut kemudian sya memberanikan diri untuk tidak takut lagi hasilnya sekarang saya berani kehutan malam-malam sendirian.
hafizblogger321 said…
dulu saya sangant jarang diam di rumah sendiri, karena saya sangat suka jalan-jalan kerumah teman-teman saya, bahkan sering kale mama saya manggil saya untuk sesegranya pulang kerumah,,,,
karenaaaa sering di tegur oleh orang tua saya, saya pun sekarang sudah sadar ,,,,alhamdulillah .....!!!
Fathur Ridha said…
saya berlatih bermain bola , dan saya merasakannya sekarang , badan saya terasa lebih ringa ketika berlari, itulah modal untuk menjadi seoran pemain sepak bola profesional, dan yang saya impikan.
Unknown said…
dulu saat saya kalah dalam pertandingan bultang saya brjanji akan membalas kekalahan saya, saya pun berlatih dengan giat, setelah ada pertandimham lgi dan alhamdullillah saya dapat membalas kekalahan saya
Unknown said…
dulu saya berusaha keras untuk belajar bermain guitar dan ketika saya haarus belajar saya harus pergi kerumah teman saya yang agak jauh, dan akhirnya saya sudah lumayan bisa.
Unknown said…
Saat dulu saya kalah dalam pertandingan tennis lapangan, dalam ganda putra.Setelah ada sebuah pertandingan antar kabupaten saya ikut dalam ganda putradan alhamdulillah saya menang juara 3, sya sersukur atas kemenangan saya.
helda wati said…
Dulu saya pernah ikut pertandingan catur, saya kalah dalam pertandingan itu, saya sengat kesal sekali.
dalam hati saya, saya ingin sekali menang dalam lomba catur, saya pun berlatih dengan giat lagi main catur.
suatu hari ada pertandingan catur, saya pun ikut pertandingan itu dan alhamdullillah saya menang.
Unknown said…
dulu pernah ketika sya tidk bisa memakai spd motor berkali2 saya terjatuh dan akhirnya saya pun bisa
berhasil :)
Unknown said…
Umpatan pernah ae nah klo na komennya kya itu...

Belajar dari masa lalu itu keren bro. Maaf klo masalah itu aku tak bisa menceritakan karena bersifat pribadi
Unknown said…
dulu awal saya masuk sekolah di smk saya tidak mengerti tentang listrik dan rasanya awal belajar sangat susah.
tapi setelah dijalani ternyata tidak terlalu susah, malah jadi menyenangkan :)
Unknown said…
saya pernah menginginkan sesuatu ,saya berusaha untuk mendapatkanya dan saya sekarang sudah memeilikinya
halimah said…
dulu saya ingin membeli barang yang saya sukai tapi saya tidak punya uang untuk membeli barang tersebut dan saya menyisihkan sebagian uang saku saya dan saya dapat membeli barang tersebut.
Unknown said…
pernah, saya pada saat itu berusaha untuk tidak merokok, lama-kelamaan akhirnya saya pun bisa untuk tidak merokok
Unknown said…
dulu, saya waktu kecil saya sangat ingin bisa memakai sepida berapa kalipun saya mencuba saya terus saja terjatuh
lama-kelamaan akhir nya saya bisa memakai sepida itu
sahidil hifni said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba berkali-kali dengan jatuh bangun,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor.
Unknown said…
saya merasa sangat beruntung karena saya bisa berpisah dengan teman-teman saya yang sangat nakal, jika saya tetap ikut dengan mereka mungkin saya sudah ikut terjerumus seprti mereka saat ini, tpi syukur dlu saya mengambil keputusan yang tepat.
Unknown said…
Dulu, ketika saya ingin mendapatkan sesuatu yang sangat saya inginkan saya selalu berdo'a dan selalu berusaha untuk mendapatkannya dan sekarang saya mendapatkan apa yang saya inginkan. dan hasilnya, Alhamdulillah saya bisa mendapatkannya.
Unknown said…
dulu waktu saya kecil saya ingin sekali bisa bersepeda, saya punterus berusaha agar bisa bersepeda, jatuh bangun pun saya rasakan, akhir nya pun saya bisa dan saya pun sangat bahagia sekali.
Unknown said…
dulu saya tidak bisa mencuci dan memasak setelah saya dipaksa orang tua saya dan saya bisa dan kebiasaan itu saya lakukan sampai sekarang
Unknown said…
dulu saya sangat menginginkan sesuatu, saya pun berusaha mendapatkannya dan akhirnya saya berhasil mendapatkannya
Unknown said…
Saat saya berusaha agar selalu sholat 5 waktu sehari, setiap hari saya belajar meskipun kadang-kadang ada yang tertinggal karena pulang sekolah yang terlalu sore.
fauzi ifau said…
dulu saya sangat ingin masuk bergabung dengan(B) dan usahanya sangat sulit kemampuan saya tidak begitu hebat. tapi sekarang sudah masuk bergabung di(B) walaupun itu terjadi karena kecelakaan satu pemain yg keluar di(B)
Unknown said…
saat membuat bet ,tenis meja
sya senang bsa membuatnya
Unknown said…
dulu saya pernah ada seperti tugas sekolah ,saya kira itu hanya biasa saja.jadi saya mengerjakannya dengan biasa saja dan ternyata itu berupa hadiah,saya pun menyesal.kalau saja saya itu berupa hadiah saya akan mengerjakannya dengan bersungguh sungguh
Unknown said…
saya dari MTs berusaha belajar dengan giat dan akhirnya sampai sekarang saya masih merasakan hasil dari perjuangan belajar dengan sungguh-sungguh. dan itu membuat orang tua saya menjadi bangga dengan usaha saya belajar sungguh-sungguh.
Unknown said…
dulu saya berusaha menginginkan sesuatu ... dan akhirnya saya pun mendapatkannya...
M.wildan said…
dulu saya tidak bisa mengerjakan tugas visio , tapi sekarang saya sudah bisa karena saya sering belajar dari teman saya
Unknown said…
Dulu saya kurang disiplin menata kamar saya sendiri sampai-sampai lupa membersikannya. Dan saat itulah saya belajar dari kesalahan saya dulu dan berusaha untuk memperbaikinya.
Unknown said…
dlu saya sangat berusaha untuk membuat sesuatu yang merupakan karya seni, setelah saya berusaha terus akhirnya saya berhasil
Unknown said…
dulu saya menginginkan sesuatu yang lumayan berharga.. dan akhir nya saya mendapatkan apa yg saya inginkan
Unknown said…
Sebuah kenyataan yang selalu terbayang sampai pada saat ini juga yaitu banyak terbuang waktu untuk mengetahui sesuatu hal dan tentang ibadah saya yangdikarenakan oleh”kemalasan”sayajuga.dan saya mulai sekarang mulai memperbaikinya kesalahan/kemalasan saya sendiri yang dulu – dulu ,tapi sangat begitu sulit untuk memperbaikinya ,mungkin ini teguran maupun azap dari ALLAH SWT,.tapi saya usahakan untuk melakukan hal yang lebih baik dari hari kemaren.Dan sekarang saya mendapatkan meskipun cukup baik dari kesalahan-kesalahan saya yang dulu.
cermin kehidupan & lilin harapan
Unknown said…
dulu saya berusaha keras untuk bisa belajar zelio, dulu saya tidak bisa tapi saya sekarang cukup bisa
Unknown said…
Saat saya mencontek, lalu hasilnya sampai sekarang saya tidak bisa paham materi itu.
Unknown said…
dulu saya ingin membeli sesuatu yang saya ingin kan sekali dan saya menabung biar saya dapat membelinya ,dan lama kelamaan saya berhasil mendapat kan nya dansaya memberikan sesuatu yang saya miliki dan sesuatu itu sangat berharga untuk saya,tapi teman saya lebih membutuhkannya,dan saya berikan kepada teman saya walau dengan berat hati.
Unknown said…
dulu saya pernah belajar sesuatu untuk saya dapatkan, setelah saya belajar dengan keras akhirnya saya mendapatkannya sampai sekarang
Unknown said…
dulu saya belum bisa maen volly tapi setelah latihan terus sekarang sudah lumayan
Muhammad yudi said…
dulu saya berusaha untuk membeli barang yang saya inginkan dan saya terus berusaha unuk mendapatkannya dan saat ini saya sudah mendapatkan barang yang saya inginkan
Unknown said…
Dulu saya tidak bisa menginstalasi\praktek, setelah saya berusaha akhirnya saya bisa
A.Riadi said…
dulu saya ingin sekali bisa didalam bidang pramuka saya selalu ikuti kegiatan yg ada di sekolah,da sayaan akhirnya semua itu tercapai berkat usah dan do,a
andi said…
dulu saya terus berusaha untuk menjadi seorang paskibraka dengan cara berlatih PBB,melatih fisik dan melatih mental saya, agar ketika pada masa carantina saya tidak kaget lagi ,sekarang ketika saya telah melalui masa carantina yang luar biasa , akhirnya saya menjadi anggota paskibraka dan saya bahagia karena usaha saya tidak sia-sia .
m ali akbar said…
dulu saya ingin sekali bisa memakai sepeda motor dan saya mencoba terus menerus sampai saya jatuh bangun namun saya tetap berusaha,alhamdulillah sampai sekarang saya sudah bisa memakai sepeda motor dangan baik..
IMAM FAUZI said…
dulu berusaha untuk meyakinkn ibu saya untuk sekolah yg saya tempati ini dan alhamdulilah ibu saya mau menyekolahkan saya di sini
Unknown said…
Dulu saya ingin membeli kucing anggora tapi gak ada uangnya dan akhir nya ada seorang memberi saya kucing anggora saya berterimakasih dengan orang tersebut.
Unknown said…
Dulu saya berusaha belajar memahami sesuatu, setelah saya berusaha keras akhirnya sekarang saya memahaminya.
Unknown said…
dulu saya tidak mengerti cara memakai komputer bahkan sampai saya membeli laptob dengan bapak syarif saya masih kurang mengerti cara menggunakannya setelah saya diajari oleh teman teman saya akhirnya saya sekarang sudah lumayan mengerti caranya
Unknown said…
dulu ketika saya duduk di bangku SD saya dipaksa harus belajar dengan giat oleh orang tua saya.sampai-sampai saya dimasukka di dua sekolah sekaligus.ketika pagi saya harus sekolah di SD kemudian siangnya harus sekolah MI.dan malamnya harus belajar lagi.namun hal itu saya jalani dengan penuh keikhlasan.dan akhirnya ketika saya lulus dan melanjutkan sekolah saya merasakan kenikmatan hasil dari jerih payah saya dulu.saya lebih mudah memahami pelajaran yang di ajarkan.
m.asma ardani said…
dulu saya berusaha tuk bisa buat mengendarai kendaraan,setelah terus berusaha akhrnya bisa jga
Unknown said…
dulu saya pernah belajar EKTS tapi sulit di mengerti, dan setelah belajar dengan giat dan bertanya pada teman akhirnya saya berhasil.
Unknown said…
Dulu saya pernah mengangap bahwa jurusan listrik itu sangat membosankan dan tidak menyenangkan.saya pernah berfikir untuk pindah dari smk setelah saya menjalani semua rintangan yg ada saya pun menganggap bahwa jurusan listrik itu sangat menyenangkan dan mampu membuat saya menjadi orang yg lebih baik lagi yg dpat menyenangkan hati kedua orang tua saya dan kalau bisa saya sangat ingin untuk lebih lama lagi berada di tempat yg menyenangkan ini
Unknown said…
rasanya saya tambah pintar. akibat saya selalu belajar :D
Unknown said…
Pernah,Pada saat saya putus sekolaH,dan saya sangat menyesal karena teman2 saya masih sekolah.kemudian saya berfikir kembali untuk melanjutkan masuk sekolah dan belajar dengan baik.
Unknown said…
Dulu saya sangat ingin tahu bagaimana cara memasang KWH Meter dan setelah saya magang ternyata di tempat saya magang saya diberi kesempatan untuk belajar sekaligus memasang sendiri KWH tersebut senang sekali hati saya karna akhirnya saya bisa tau bagaimana cara memasang KWH tersebut
dulu saya tidak bisa membaca rangkaian.setelah saya pelajari dan terus saya coba akhirnya saya bisa membaca rangkaian.
julian adam 91 said…


Dulu sya berusaha keras buat bisa dan mahir dlm sliding di tikungan haampir 1 thun berlatih akhirnya bisa wlau sering kecelakaan saat latihan disirkuit balap ini suatu hal yg sgt sya banggakan
Unknown said…
Dulu saat temanku memerlukan bantuanku untuk menjawabkan soal, aku jarang sekali mau membantunya, kalupun kubantu hampir kebanyakan kusalahkan,,,,,,,...................( Beberapa tahun kemudian ),,,,,,,,,,,.................... inilah yang kudapat jarang orang memintaku untuk membantunya menjawabkan soal,, karena mereka sudah beranggapan, jika aku yang menjawabkan soal mereka, pastilah jawaban tersebut diambang ( 50% Benar, 50% salah ),,,.... Kesimpulan : Jangan terlalu mempercayai seseorang 100%, tetapi ala kadarnya sajoooo....
zaini said…
dulu berusaha untuk meyakinkn ibu saya untuk sekolah yg saya tempati ini dan alhamdulilah ibu saya mau menyekolahkan saya di sini
Unknown said…
-dulu saya sangat susah sembahyang, tapi karena upaya saya untuk mengubah diri saya jdi, alhamdulillah saya sekarang bisa melaksanakannya.
-aat saya memberikan sesuatu yang saya miliki dan sesuatu itu sangat berharga untuk saya,tapi teman saya lebih membutuhkannya,dan saya berikan kepada teman saya walau dengan berat hati,tapi karena itu sekarang dia selalu baik dengan saya,selalu membantu saya,dll.

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Keliru atau Tidak Tahu

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4