September-4-Kejujuran yang terkhianati


Materi Komentar September-4
…..Kejujuran yang terkhianati…..

...Mudah mencari orang pintar namun sungguh sulit mencari orang bener…..
Kalimat di atas memang patut kita renungkan bahwa sekarang stock orang pintar didunia ini sungguh tidak terkira. Namun mencari orang yang berpikiran dan berlaku benar sungguh sangat sulit. Banyak orang pintar yang seharusnya menjadi pelita bagi semua orang malah memadamkan cahaya hatinya dengan tindakan tercela. Pendidikan di sekolah yang mengarah pada materi semata malah mengenyampingkan nilai mulia akan pentingnya kejujuran. Siswa yang cerdas malah malu belajar untuk persiapan ujian besok hari dan mencoba membuat contekan hanya karena malu dibilang "kurang gaul" oleh kawan-kawanya. Rasa malu juga muncul pada diri siswa karena naik sepeda ke sekolahnya sementara kawan-kawannya sudah menggunakan sepeda motor. Kedua hal itu menandakan pengkhianatan mereka akan rasa jujur dalam dirinya, jujur mengakui bahwa belajar itu penting dan jujur mengakui bahwa ekonomi orangtuanya belum memadai. Oleh karena itu kejujuran menjadi pondasi penting yang meski berat namun harus ditegakkan.

Silakan beri komentar…..
Peristiwa bohong terbesar apa yang pernah kamu lakukan, dan bagaimana kamu memperbaikinya?

Comments

Unknown said…
Pernah,saat saya membuhungi guru saya tentang gambar visio,saya mengaku bahwa gambar itu adalah hasih buatan saya padahal punya teman yang saya kopy dan menjadikan nya hasil saya.
-Saya sangat malu dan berusaha untuk belajar sendiri agar tidak mengkopy punya teman saya lagi.
nor alfisah said…
Prnah,ketika saya membohongi guru saya tentang pekerjaan rumah,
saya sangat tidak enak hati , karena telah membohongi beliau.
Unknown said…
pernah, ketika saya membohongi teman saya tentang masalah ada tugas diluar rumah, saya bilang saya sibuk,dan saya tidak bisa menemninya.

saya sangat menyesal telah membohonginya dan saya berusaha untuk jujur kepadanya
aam said…
-Pernah,saat teman saya mau pinjam uang kepada saya dan saya bilang saya tidak punya uang,padahal saya punya uang.
-Saya sangat menyesal karena saya membohongi teman saya,dan saya berusaha untuk selalu jujur,munkin teman saya lebih membutuhkan uang.
Unknown said…
penah, saat saya membohongi kaka saya tentang visio ,pdahal nilai saya tidak terlalu bagus,
saya menyesali semua itu, lebih baik jjur , krna kebohongan tidak akan selama nya tidak di ketahui org..
Unknown said…
pernah,saat saya membohongi teman terbaik saya,dia minta saya untuk membantunya,tapi saya bilang tdak bisa mebantu,pdhal saya sngat bisa untu membantunya,
-saya gak enak sama dia,dan bila dia minta bntuan dgn saya lg,saya pasti akan membantunya dgn senag hati
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
siti Aisyah
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
aam said…
-pernah saya berbohong kepada kakak saya tentang membelikan sesuatu dan saya tidak membelikannya dan saya bilang tidak ada kaka ai barangnya,(farfum).
-dan saya sadar bahwa berbohong itu dosa, dan keesokan harinya saya membelikan farfum tersebut.
Unknown said…
-pernah saya berbohong kepada kakak saya tentang membelikan sesuatu dan saya tidak membelikannya dan saya bilang tidak ada kaka ai barangnya,(farfum).
-dan saya sadar bahwa berbohong itu dosa, dan keesokan harinya saya membelikan farfum tersebut
Unknown said…
Pernah, ketika saya membohongi guru dalam ulangan, yaitu saya tidak adil(Paisan).
Saya berusaha untuk tidak akan mengulanginya dan berusaha unuk selalu jujur.
halimah said…
pernah, ketika saya membohongi kakak saya
dan saya berusaha tidak akan mengulanginya dan berusaha untuk jujur.
Unknown said…
pernah, saat saya membohongi kaka saya saat itu kaka saya bertanya ke pada saya mau jalan-jalan ke mana dan saya berbohong menjawab nya saya bilang saya ingin mengerjakan tugas tapi ternyata saya jalan-jalan bersama teman-teman.


Dan saya menyesal telah membohongi kaka saya.
Unknown said…
pernah, saat saya membohongi orang tua pada hari minggu saat di suruh untuk pergi ke kebun dan saya berkata untuk mengerjakan sesuatu tugas ternyata saya berbohong yang di karnakan males.

Dan saya menyesel .
Unknown said…
pernah,ketika saya berbohong kepada ibu saya,,,
saya sangat menyesalinya dan saya tidak akan mengulanginya lagi
sahidah said…
pernah.berbohong sama orng tua..bilangnya mau kerjakan tgas tpi malah jalan"
tidak mengulanginya lagi
Unknown said…
pernah ketika saya bohong pada orang tua saya, saya sangat berdosa karena telah membohongi mereka dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi dan belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya
fendy.tbk said…
pernah,ketika saya membohongi guru itu pun sangat terpaksa,gara2 saya tidak mengumpulkan visio dan sya copas(copy paste )zart
Unknown said…
Saat saya berbohong kepada orang tua saya
Sejak saat itu saya menyesal dan tidak pernah lagi mengulanginya.
Unknown said…
pernah, membohongi bapa saya saat mengambil uang di dompet beliau dan beliau merasa kehilangan dan saya di tanya oleh beliaU Tpi saya menjawab tidak tau dan tidak ada mengambil uang beliau
saya sangat menyasal dan tidak mau mengelanginya lagi itu menurut saya kesalahan yang sangat berat karena itu berbohon sama orang tua sendiri dan saya sangat malu sama tuhan
Unknown said…
Pernah, saat saya tidak jujur kepada seseorang. kemudian saya berkata apa yang sebenarnya terjadi.
habibii said…
pernah,ketika saya berbohong kepada bapa saya,,, :)
saya sangat menyesalinya dan saya tidak akan meng ulang lagi
ahmadi said…
memeng bayak orang pintar tapi orang pintar blum tentu dia bisa sukses
Unknown said…
pernah, membohongi bapa saya saat mengambil uang di dompet beliau dan beliau merasa kehilangan dan saya di tanya oleh beliaU Tpi saya menjawab tidak tau dan tidak ada mengambil uang beliau,dan tiba-tiba beliau marah dan memukul saya,dan saya akhirnya mengaku.
ahmadi said…
maaf pa salah komen,,,pernah saat saya tidak punya uang tepi kalau saya bertemu saya minta izin pada orang tua saya
Unknown said…
pernah, saat itu saya sedang mengerjakan visio tapi saya mengcopy paste punya teman saya dan hati saya pun merasa gelisah karena saya berbohong
Unknown said…
-Pernah, ketika teman saya mau pinjam uang kepada saya dan saya bilang saya tidak punya uang,padahal saya punya uang, saya takut dia tidak membayar uang yang dia pinjam
-Saya sedikit menyesal karena saya membohongi teman saya,
Unknown said…
Pernah,ketika saat ulangan saya membuka buku, padahal saat itu dilarang membuka
-Saya sangat menyesal dengan perbuatan saya yang telah saya lakukan pada saat itu
Unknown said…
pernah, ketika saya membohongi guru saya tentang kebenaran soal yang saya jawab... pada saat itu saya sebenarnya hanya mendapatkan nilai 60, tetapi saya bilang kepada guru saya, saya dapat nilai 80..

saya sangat menyesali pebuatan saya yang telah membohongi guru yang memberikan ilmu kepada saya... dan saya berniat tidak akan mengulanginya lagi..
Imam Fauzi XI N3X-B said…
Saya penah membohongi orang tua saya,saya bilang saya tidak akan bolos sekolah tetapi saya bolas dan tidak memberitahukan kepada orang tua saya.

Saya berusaha untuk jujur kepada orang tua saya dan tidak berbohong kepada orang lain.
Unknown said…
Pernah,saat saya membohongi guru saya saat mengerjakan tugas visio saya meminta file yg sdah jadi ke pada teman saya,saya sungguh tidak enak hati karna saya sudah berbohong ke pada guru saya
riesniawati said…
*pernah,ketika saya merusak leptop saya sendiri dan saya tidak mengakuinya saat orang tua saya menanyakan siapa yang merusak leptop itu, saya berusaha untuk berbong bahwa bukan saya yang merusaknya, tapi lama kelamaan saya pun mengakuinya bahwa saya yang merusak leptop tersebut, dan orang tua saya pun sangat kecewa karna saya membohongi beliau, bahkan orang tua saya sempat marah dengan saya, dan kata orang tua saya seandinya saya sudah mengaku bahwa saya yang merusak leptop tersebut dari awal mungkin beliau tidak akan semarah itu dengan saya.

* saya sangat menyesal telah membohongi orang tua saya,seandainya saya mengaku dari awal bahwa itu kesalahan saya mungkin orang tua saya tidak semarah itu dengan saya. mungkin dari situ saya bisa menjadikan pengalaman, dan tidak akan mengulaninya lagi
Unknown said…
Jika saya melakukan kebohongan, itu di karenakan terpaksa dan menghindari supaya hal yang kurang menyenangkan tidak terjadi. Saya pernah melakukan kebohongan ketika saya terpaksa berbohong untuk melakukan suatu hal demi kepentingan pribadi dan keluarga.
Cara saya memperbaikinya,, saya akan berbuat semampunya walaupun hasilnya kurang baik asalkan jujur. Dan saya akan berusaha untuk lebih jujur dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kejujuran itu terkadang menyakitkan tetapi ingatlah bahwa Allah Swt. menyukai orang yang jujur dan Dia Maha Pemaaf.
Unknown said…
#pernah, ketika saya mengambil uang mama saya dan mama saya menanyakannya pada saya dan adik saya. saya bilang saya tidak mengambilnya dan adik saya pun jawab begitu. saya menyesal dan ketika saya fikir2 saya akhirnya mengakuinya, mama saya sangat kecewa ketika saya membohongi beliau. dan akhirn
Unknown said…
pernah, ketika tidak mengerjakan tugas dan guru tersebut pun menanyakannya saya terpaksa berbohong supaya tidak kena marahi,
dan saya pun menyesal kenapa saya haruz berbohong,
dan saya pun merasa bersalah.
Unknown said…
#pernah, ketika saya mengambil uang mama saya dan mama saya menanyakannya pada saya dan adik saya. saya bilang saya tidak mengambilnya dan adik saya pun jawab begitu. saya menyesal dan ketika saya fikir2 saya akhirnya mengakuinya, mama saya sangat kecewa ketika saya membohongi beliau. dan akhirnya beliau memaafkan dan menasehati saya agar tidak mengulanginya.

#saya memberanikan diri untuk minta maaf bahwa saya mengakui kesalahan saya. tapi saya sadar kalau dinding bersih kita tancapkan paku lalu kita cabut bekasnya tidak akan hilang. itulah kebohongan tersebesar yg saya pernah perbuat

muhammad yudi said…
pernah, ketika saya membohongi teman saya untuk pergi makan dan saya tidak datang untuk menemiu mereka . dan saya merasa tidak enak hati karena telah membohongi meeka.
m.suwandi said…
pernah,saat saya membohongi teman saya.
saya sngat merasa bersalah pdaxa,dan tdak akan mengulangixa lg
Unknown said…
-Pernah,ketika saya membohongi guru saya tentang pekerjaan rumah
-saya sangat malu kepada guru,karena saya tidak bisa mengerjakan tugas rumah sendiri



NAMA:Supiyanto
KELAS:XI_LB
Pernah waktu itu saya membohongi teman saya, karena ada sesuatu hal jadi saya terpaksa berbohong padanya.
dan saya memperbaikinya dengan cara mencari waktu yang tepat untuk berkata jujur padanya, dan kemudian saya menjelaskan kepadanya yang sebenarnya.
Unknown said…
-Saya pernah terpaksa berbohong kepada orang tua saya, karena saya tidak bisa mengatakan yang sejujurnya dan kemudian orang tua saya mengetahui hal tersebut.
-Saya meminta maaf kepada orang tua saya dan akhirnya orang tua saya mau memaafkan saya.
*pernah , saat teman saya ingin minta bantuan tentang tugas dan saya bilang saya tidak bisa membantu karena saat itu saya sedang ada masalah dan tidak ingin di ganggu.
*keesokan harinya saya minta maaf dan langsung bicara yang sebenarnya, saya merasa sangat bersalah
Unknown said…
- Pernah, ketika saya membohongi orang tua saya sendiri. dan saya sangat merasa bersalah sekali.
- dengan cara meminta maaf dan ampunan kepada orang tua.
Unknown said…
peristiwa bohong ketika saya mengalami tabrakan yang pertama , saya berbohong kpd org tua bahwa idak ada yang terjadi apa apa dan akhirnya pun ketahuan
fauzi said…
pernah,ketika saya berbohong kepada kaka saya tentang netbook saya yg memiliki virus , akhirnya b.virus jua ae. aduhaii,

saya sngat bersalah dan meminta maaf
Unknown said…
*Pernah waktu itu saya membohongi teman saya, karena ada sesuatu hal jadi saya terpaksa berbohong padanya.
*dan saya memperbaikinya dengan cara mencari waktu yang tepat untuk berkata jujur padanya, dan kemudian saya menjelaskan kepadanya yang sebenarnya.
Unknown said…
pernah,ketika saya membohongi guru saya tentang tugas yang beliau berikan karena tugas itu tidak saya kerjakan endiri dan saya sangat menyesali itu.dan berjanji pada diri saya sendiri untuk tidak mengulanginya lagi
Anonymous said…
pernah,ketika saya berbohong kepada ayah saya,,,
saya sangat menyesalinya dan saya tidak akan mengulanginya lagi...
Unknown said…
pernah, saat saya membohongi ortu saya...ketika saya ingin pergi keluar dengan teman saya. tapi karena tidak dibolehkan jadi saya berbohong dengan alasan ada tugas sekolah.
setelah itu saya sangat merasa menyesal dan bersalah..sehingga akhirnya membuat saya ingin jujur...walau hati merasa takut.
helda wati said…
pernah, saat saya meminta uang jajan kepada ayah saya,saya bilang untu beli bensin tpi saya belikan untuk pulsa.
-Kesukan hari saya benar benar kehabisan bensin.
Unknown said…
nama ; Rini Aodina
kelas ; XII N3x B

pernah ketika saya bohong pada orang tua saya, saya sangat berdosa karena telah membohongi mereka dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi dan belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dan ketika teman saya mau pinjam uang kepada saya dan saya bilang saya tidak punya uang,padahal saya punya uang, saya takut dia tidak membayar uang yang dia pinjam saya menyesal karena saya membohongi teman saya.
Unknown said…
- Pernah, ketika saya mau jalan-jalan saya berbicara kepada orang tua saya, saya mau ngerjakan tugas, ternyata ada yang memberitau kepada orang tua saya saat saya jalan-jalan.
- Saya dimarahi orang tua saya berbohong dan saya tidak mengulanginya lagi.
Unknown said…
pernah, saat saya membohongi pcar saya tentang perselingkuhan saya dengan orang lain, munurut saya, saya sangat bersalah kepada pacra saya
- saya sangat malu mengakui kesalahan saya di hadapan pacar saya..menurut saya sakitnya tu di sini nunjuk ke hati
Unknown said…
ketika saya berbohong kepada orang tua saya.saya bilang bahwa saya ada tugas kelompok di luar padahal saya jalan-jalan bersama teman-teman saya.
suatu hari akhirnya saya jujur kepada orang tua saya dan orang tua marah dan akhirnya sekarang ketika saya benar-benar tugas kelompok diluar saya sangat sulit mendapatkan izin dari orang tua saya.
Unknown said…
Pernah, ketika saat ulangan berlangsung saat itu saya membuka catatan, karena mlam itu saya tidak belajar,
Saya sangat menyesali perbuatan itu karena itu dilarang.
Unknown said…
ketika saya membohongi sahabat-sahabat terbaik saya, mereka ingin kerumah saya,tapi saya bilang saat itu saya saat tidak ada di rumah,padahal saya ada,tapi saya tekut di marahi orang tua saya kalau saya berteman dengan mereka,padahal mereka adalah sahabat yang paling mengerti saya,suatu ketika mereka mengetahui kebohongan saya itu mereka sangat marah dan sempat tidak menghiraukan saya,tapi saya menjelaskan semuanya dengan jujur dan akhirnya mereka mengerti.
Unknown said…
Pernah, ketika saya membohongi orang tua saya, yaitu saya berbohong saya meminta uang untuk bayar buku padahahal uang itu saya gunakan untuk jajan.
Saya berusah untuk jujur kepada orang tua saya,saya bilang uang itu saya gunakan untuk jajan...
Unknown said…
pernah saya berbohong dan saya sangat menyesal kenapa saya telah berbuat seperti itu,Nasi telah menjadi bubur .jadi yang harus saya lakukan adalah berjanji tidak mengulanginya dan berusaha memperbaiki dari apa yang sudah diperbuat
Unknown said…
-pernah, ketika ortu saya bilang ngerjain tugas padahal saya jalan-jalan.
-ketika pulang langsung saya bilang yang sejujurnya karenasaya gak enak hati.
Unknown said…
-pernah saya berbohong kepada ortu saya tentang hukuman yang saya terima karena tidak mengerjakan
-karena kebohongan itu membuat saya tidak nyaman dan akhirnya saya jujur
Unknown said…
-pernah, ketika ortu saya bilang ngerjain tugas padahal saya jalan-jalan.
-karena kebohongan itu membuat saya tidak nyaman.
Unknown said…
pernah .. ketika saya harus bohong tentang masalah saya disekolah dengan bunda saya .. namun seiring berjalannya waktu saya tidak ingin lagi bohong dengan beliau
Unknown said…
pernah, ketika saya ingin latihan volly padahal saya pergi sendirian dan saya bilang saya pergi dengan teman.. saya sangat menyesal sekali setelah saya berbohong, mulai sekarang saya berusaha untuk tidak berbohong lagi kepada ibu maupuun ayah saya.
Unknown said…
pernaah, ketika saya membohongi orang tua saya. saya bilang mau pergi ke warnet padahal saya jalan-jalan dengan teman-teman saya.. saya sangat menyesal telah membohongi orang tua saya...
Unknown said…
-pernah saat teman saya minta bantuan kepada saya, saya menolaknya dengan cara membohonginya.
-saya jujur kepada dia kalau saya kemarin membohonginya.
Unknown said…
Saya membohongi pak syarif, saya bilang saya tidak pernah melakukan SEX dengan perempuan.
saya berusaha untuk selalu jujur walaupun itu sangat memalukan...He...He...
ahmad dasuki said…
pernah, saat saya membohongi orang tua pada hari minggu saat di suruh untuk pergi ke kebun dan saya berkata untuk mengerjakan sesuatu tugas ternyata saya berbohong yang di karnakan males.
Unknown said…
-saat saya membohongi guru saya tentang pekerjaan rumah.
-saya tidak enak hati,karena saya berbohong kepada guru saya tdi.
Unknown said…
-pernah, ketika saya membohongi ibu saya saat meminta uang dengan alasan bayaran di sekolahan padahal uang tersebut di gunakan buat main bilyar.
-saya sangat menyesal karena membohongi orang tua sendiri.
ahmad riadi said…
Pernah,saat teman saya mau pinjam uang kepada saya dan saya bilang saya tidak punya uang,padahal saya punya uang.
-Saya sangat menyesal karena saya membohongi teman saya,dan saya berusaha untuk selalu jujur,munkin teman saya lebih membutuhkan uang
herman said…
pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
sahidil hifni said…
Pernah,saat saya membuhungi guru saya tentang gambar visio,saya mengaku bahwa gambar itu adalah hasih buatan saya padahal punya teman yang saya kopy dan menjadikan nya hasil saya.
-Saya sangat malu dan berusaha untuk belajar sendiri agar tidak mengkopy punya teman saya lagi.
ifan said…
-pernah saat saya berbohong pada orang tua saya pda saat sekolah seharusnya sekolah pulangnya cepat karna guruynya sedang rapat,saya berbohong dan saya jalan2 kepasar
-saya berusaha untuk tidak lagi berbohong pda orang tua saya
Muliadi123 said…
dsiuhs
Muliadi123 said…
Pernah saat saya membohongi teman saya tentang masalah ada tugas diluar rumah lalu kemudian saya bilang tidak tau.
Unknown said…
ketika saya mempercayakan kepada teman saya , saya ingin membeli sesuatu tetapi saat itu temen saya saja yang tau di mana tempat nya , saya kirim duit nya dan saya bilang kirimin ke alamat rumah saya , sampai sekarang barang itu tidak pernah sampai2 . Mungkin saya di bohongi nya tetapi jalan yang terbaik yang harus saya ambil adalah DIAM SAJA .
saya pernah berbohong kepada orang tua saat itu kprluan pribadi yg sgt mndesak .
saya sgt mnyesali nya
berusha untuk slalu jujur
pernah,ketika saya membohongi guru saya tentang pekerjaan rumah.
saya merasa sangat tidak enak hati,kepada beliau.
1. pernah, ketika saya membohongi teman saya saat di luar rumahh
2 didalam hati saya sangat sangat bersalah
Unknown said…
pernah,ketika saya membohongi guru saya tentang menyapu, saya sangat malu karena karena ketahuan dan saya menyesal
Unknown said…
Prnah,ketika saya membohongi guru saya tentang pekerjaan rumah,
saya sangat tidak enak hati , karena dia guru saya
Unknown said…
pernah,ketika sya membohongi guru sya tentang talikur dan kacu karena tdak memakainnya,,,
sya tdak akn mengulanginya lgi
Unknown said…
pernah,pada saat bulan puasa saya terpaksa memohongi orang tua karena hari yg sangat panans saya terpaksa buka puasa dan berbohong bahwa saya masih puasa ketika saya pulang kerumah.
Unknown said…
pernah,ketika sya tdak memakai kacu dan talikur dan juga tdk memakai bju pramuka,wktu guru sya brtanya sya blang memakainya pdhal tdak,,,,sya menyesal karena telah berbohong sya tdk akn mengulanginya lgi
hafizblogger321 said…
-pernah, ini baru saja terjadi, ketika saya mengerjakan job yang i berikan bp kepada saya beserta teman saya(sekelompok), kata beliau dikerjakan masing-masing, namun saya dan teman saya ini mengerjakanya bekerjasama.
- sya sangat malu, dikarnakan saya ini mengerjakan tanpa beban.
Unknown said…
pernah, saat saya bohong pada guru tentang visio, saya sadar bahwa itu pada salah . trus saya sadar pada itu ga baik
saya malu bahwa itu ga baik,
Unknown said…
pernah, saat saya bohong pada guru tentang visio, saya sadar bahwa itu pada salah . trus saya sadar pada itu ga baik
saya malu bahwa itu ga baik

bay : nopi
Unknown said…
Pernah, saat saya berbohong pada orang tua untuk pergi kemaranting mengerjakan tugas bahasa.
Cara saya memperbaikinya dengan menjelaskan yang sebenarnya pada orang tua saya
Unknown said…
sya pernah mlakukan bohong besar tp sya lupa akn hal itu karena saat sya msih kecil
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
pernah,waktu tsanawiah dulu...
saya menyembunyikan sepatu milik teman sekelas saya di wadah sampah dan dia pun kalang kabut mencarinya sampai2 mengadu pada guru ,guru pun datang dan memberi ide-ide,ide prtma guru adalah siapa yang tidak ngaku semua murid di kelas itu dikenakan poin(klau di smk wasus lahh)
tidak ada yang ngaku dan yan ide ke dua semua siswa di sumpah dengan al qur'an mendengar itu saya langsung ngaku dan sepatunya saya kembalikan lagi sama dia.
ya pengalaman itu sangat memalukan bagi saya
Unknown said…
Kalau bohong saya sering melakukannya,,, tetapi bohong saya, untuk kebaikan jarang untuk sesuatu yang buruk,, kalaupun saya berbohong untuk alasan yang buruk,,, saya akan mengakuinya,,,, walaupun itu menyakitkan,,,,,
Unknown said…
jujur saya tidak pernah bohong besar. bohong saya cuma kecil-kecil.. saya memperbaikinya dengan cara mengingat akan dosa-dosa yg akan menunggu d akhirat nanti
Unknown said…
ketika saya SMP dulu saya jatuh bersepeda motor dan tangan saya terluka,ibu saya bertanya kenapa tangan saya terluka say bilang saya jatuh bersepeda biasa,saya takut saya takut dimarahi kalau ibu saya tahu saya jatuh bersepeda motor karena sepeda motor yang saya pakai punya teman saya,setelah itu saya selalu merasa gelisahtelah membohongi ibu saya dan pada akhirnya saya jujur,saya pikir ibu saya akan marah ternyata ibu saya tidak marah dengan saya.ternyata kejujuran itu lebih indah dari pada kebohongan
m ali akbar said…
pernah,pada saat saya membohongi guru ,saya saat membohongi guru saya sangat menyesal telah membohongi nya ,pada tugas visio saya mengcopy paste puny teman saya
agus XI-A said…
-Pernah,saat teman saya mau pinjam uang kepada saya dan saya bilang saya tidak punya uang,padahal saya punya uang.
-Saya sangat menyesal karena saya membohongi teman saya,dan saya berusaha untuk selalu jujur,munkin teman saya lebih membutuhkan uang.
Unknown said…
#pernah ketika sya ditanya tentang pr dan sya menjawab dikejkan di rumah padahal sya mengerjaknnya di sklh
#saya sangat menyesal atas itu
Unknown said…
>saya pernah membohongi oraqng tua saya saat membolos sekolah.
>saya akan usahakan untuk tidak membolos lagi
Unknown said…
peristiwa saat saya berbohong pada orang tua. saya meminta maaf atas keselahan saya terhadap beliau
Unknown said…
Saat itu saya memecahkan kaca karena menendang bola, lalu ketahuan orang tua saya, jadu saya menuduh bahwa adik saya yang melakukannya...

pada saat itu saya belajar bahwa berbohong itu tidak baik
Unknown said…
Pernah ketika teman saya meminta saya untuk kerumahnya tpi saya berkata saya tidak bisa karna sedang sibuk pdahal saya sedang tidak ada pekerjaan saya terpaksa berbohong karena saya takut terjerumus ke hal yg negatif.

Saya berusaha untuk tidak mengulanginya lagi
Fathur Ridha said…
ketika saya berbohong tentang pergike acara maulid habsy,
padahal saya cuma bermain dengan teman saya.
Unknown said…
-pernah, ketika saya membohongi teman saya tentang masalah ada tugas diluar rumah, saya bilang saya sibuk,dan saya tidak bisa menemninya.
-pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .
Unknown said…
-pernah, ketika saya membohongi teman saya tentang masalah ada tugas diluar rumah, saya bilang saya sibuk,dan saya tidak bisa menemninya.
-pernah, kebohongan yang saya lakukan adalah saat saat saya bermain dengan teman saya dan saya lama kelamaan saya sadar bahwa saya alah lalu saya minta maaf dengan peristiwa itu saya tau bagaimana dibhongi .

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4

Keliru atau Tidak Tahu