#3 - Pentingkah Disiplin.....?

Bahan Diskusi #3 (24 - 30 April 2014)

…..Disiplin adalah ketaatan pada peraturan….. (KBBI; Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Kata disiplin seringkali kita dengar dan tidak jarang menjadi bagian dari keseharian kita. Tahukah kita bahwa disiplin lebih tua dari penciptaan alam semesta oleh Tuhan YME. Mungkin sebagian dari kita telah mengetahui 2 fakta berikut ini:
a.       Bahwa Nabi Adam yang dikeluarkan dari surga akibat tidak disiplin mengikuti aturan Tuhan untuk tidak memakan buah Khuldi.
b.       Selain itu yang sangat fenomenal adalah ketidakdisiplinan Iblis saat Tuhan memerintahkah dirinya untuk menyembah Adam yang telah diciptakan Tuhan dari tanah hanya karena Iblis merasa dirinya lebih mulia sebab diciptakan Tuhan dari api.
Disiplin menjadi urat nadi bagi kehidupan kita, disiplin membuat keteraturan dan sistimatika yang terlihat nyata. Mari perhatikan lagi:
a.       Apa jadinya jika Matahari tidak disiplin dengan timbul dan tenggelam seenak hatinya. Seluruh kehidupan di Bumi bahkan tata surya kita akan “galau” akibat matahari “ngambek” hanya beberapa hari tidak muncul ke permukaan.
b.       Sungguh menderita seorang ibu saat janin yang seharusnya dia lahirkan + 36 minggu namun tak kunjung lahir.
c.       Hanya karena “musuhan” dengan O2 (oksigen), hidung kita malah menghirup karbon yang sangat berbahaya di udara bebas dan membuat nafas kita sesak sehingga berujung pada kematian
d.       Begitu “angkuhnya” daun yang tidak mau bergoyang saat disapa oleh angin
e.       Hanya karena tidak ingin terbang maka kepompong tidak mau bermetamorfosis menjadi kupu-kupu
f.        Bulan yang merasa lebih unggul sehingga melanggar aturan Tuhan yang seharunya dia bersinar di malam hari malah menggantikan matahari di siang hari
g.       Air yang begitu arogan sehingga tidak mau mengalir ke tempat yang lebih rendah dan malah mengalir ke tempat yang lebih tinggi
h.       Dan lain-lain
Bagaimana dengan pembelajaran di sekolah apakah disiplin juga sangat berperan di sana?
a.       Apa yang terjadi jika siswa datang seenaknya ke sekolah begitu juga gurunya sehingga jadual pelajaran yang telah dibuat akan kacau balau
b.       Kira-kira seperti apa jadinya saat semua guru tidak mau mengikuti perintah pimpinan sekolah sesuai aturan yang berlaku?
c.       Sebau apakah sekolah jika semua anggota sekolah kencing sembarangan J
d.       Sejorok apakah jika sampah dibuang sembarangan di sekitar sekolah
e.       Seberbahaya apakah jika siswa teknik kendaraan ringan yang sedang praktikum las namun tidak menggunakan pelindung mata
f.        Apa jadinya jika siswa audio video saat praktikum sembarangan menyambung kabel positif dan negatif?
g.       Atau siswa listrik yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat memanjat tiang listrik
h.       Dan sangat tidak “lucu” jika guru tidak taat aturan dengan memberi nilai siswa lebih dari 100 point padahal nilai tertinggi adalah 100 point
i.         Dan masih banyak lagi kejadian “aneh” dan “tidak lucu” jika disiplin yang ada di sekolah ditabrak oleh arogansi individu
Sungguh tidaklah sulit kita melihat disiplin yang ada dalam diri seseorang sebab dalam dirinya telah ditanamkan kedisiplinan yang jika tidak dilakukan maka akan sangat berbahaya bagi dirinya. Tidak percaya ????
a.       Jika perut lapar dan terus ditahan maka akan mengakibatkan maag akut dan berujung pada maut
b.       Saat kepala pusing serasa berputar dan dipaksa untuk mengendarai motor maka dimungkinkan kecelakaan
c.       Saat kita haus malah makan sebanyak-banyaknya sehingga kekurangan air (dehidrasi)
d.       Saat tubuh telah sangat letih namun dipaksa untuk bekerja maka akan begitu banyak bahaya yang mengintai
e.       Dan lain-lain
Naah ternyata Tuhan juga telah membuat kerangka kedisiplinan yaitu bagi muslim yang beribadah sholat sudah ditentukan waktu tiap-tiap sholat. Sangat aneh jika sholat magrib dikerjakan subuh atau isya yang dilakukan di waktu ashar. Namun manusia seringkali lupa bahwa disiplin seyogyanya harus selalu dilatih dan ditanamkan kuat dalam diri sehingga menjadi irama dan nafas hidup kita. So mari berdisiplin agar tercipta keberkahan dan keselamatan…. J (by sya)
 
Silakan beri komentar:
a. pernahkah kamu melanggar aturan sekolah yg membuat kamu sangat bersalah?
b. bagaimana usaha kamu agar kamu menjadi orang yg disiplin?
c. apa komentarmu jika menemukan guru yg tidak disiplin? Beri contohnya !

Comments

riesniawati said…
A. Pernah, dan itu sangatt membuat saya merasa bersalah, bahkan malu dengan teman-teman.
B. Mungkin saya tidak terlalu disiplin sih orangnya cuman saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi siswi yang disiplin di sekolah, mungkin usaha saya agar menjadi siswi yang disiplin hanya pergi sekolah lebih awal, masuk kelas tepat waktu, melaksanakan tugas sebelum bel tanda masuk kelas berbunyi sesuai jatwalnya seperti piket lingkungan, dan piket di kelas, dan mengerjakan tugas yang sudah di berikan guru.
C. Ya mungkin saya hanya bisa geleng kepala saja melihatnya, masa gurunya yang menyuruh murid nya disiplin beliau tidak disiplin. Itu nama nya hanya bisa memerintah murit saja tanpa sadar dirinya sendiri tidak disiplin, itu merupakan contoh yang tidak baik bagi muritnya,
Mungkin contoh untuk guru yk seperti itu adalah guru yk sering terlambat masuk kelas, menurut saya untuk saat ini hanya itu.
Unknown said…
a. bisa jadi, tapi saya tak terlalu iangat kesalahan apa itu, dan itu SANGAT-SANGAT-DAN-SANGAT tidak menenakan buat saya.
b.dengan tidak menyalahi aturan sekolah , misalnya datang terlambat, baju tidak rapi, dan itu pasti ada dalam setip sekolah tidak terkecuali yang menulis ini
c.yang ini saya tidak berani memberi komentar,,, contohnya mungkin datang terlambat karena 1000 alasan,alasannya bisa di tebak oleh kawan kawan sekelas.
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
a. pernah.
b. dengan menaati peraturan sekolah
c. contohnya terlambat. guru menyuruh murid supaya datang tidak terlambat tapi gurunya yg malah sering terlambat..
Unknown said…
A. Pernah
B. Dengan menaati peraturan sekolah dengan baik
C.seharusnya guru nya juga hrus disiplin terutama disiplin waktu tidak hnya murid nya saja tp guru nya juga
Unknown said…
a. Pernah, tapi pelanggaran yang saya buat tidak membuat saya merasa bersalah soalnya masalah tersebut tidak begitu besar
b. Saya akan menerapkan prinsip bahwa di siplin awal keberhasilan seseorang atau kunci utama kesuksesan. Jika saya memiliki komitmen itu, maka saya akan termotivasi untuk berusaha menjadi siswa di siplin.
c. Bagi seseorang yang menganggap waktu sangat berguna/berharga atau waktu adalah uang, maka siswa akan merasa rugi jika guru terlambat mengajarnya atau bahkan tidak masuk tanpa ada tugas. Contoh: Guru yang tidak di siplin waktu.
Unknown said…
a.Pernah,dan itu sangat membuat saya sangat merasa bersalah dan menyesal bahkan malu sama orang tua dan teman-teman.
b.Mungkin saya tidak merasa di siplin dengan melanggar aturan sekolah,sering terlambat,mungkin saya berusaha menjadi siswa yang di siplin maka dengan datang lebih awal dan masuk lebih awal dan melaksanakan tugas sebelum bel tanda masuk berbunyi , dan mengerjakan tugas yang sudah di berikan guru.
c.Ya mungkin diam saya tidak berani memberi komentar,gurunya saja menyuruh seluruh siswa di siplin dan menaati aturan sekolah masa beliau tidak di siplin ,, contohnya guru menyuruh muridnya supaya tidak datang terlambat tapi sebaliknya guru tersebut sering. terlambat masuk kelas karena suatu alasan
Unknown said…
This comment has been removed by the author.
Unknown said…
a.pernah,misalnya dahulu saya sering datang terlambat kesekolah,tapi sekarang sudah jarang.hal itu membuat saya merasa bersalah kenapa tidak dari dahulu saja saya belajar untuk menjadi disiplin dengan datang kesekolah tepat waktu.
b.dengan cara menanamkan arti pentingnya kedisiplinan itu sendiri bagi diri kita.dan berusaha semaksimal mungkin untuk mentaati peraturan yang ada.
c.ya mungkin saya hanya bisa diam melihatnya.misalnya seorang guru memerintahkan muridnya untuk datang tepat waktu tapi malah gurunya yang datang terlambat namun ketika muridnya yang datang terlambat guru tersebut malah marah dan menyuruh muridnya untuk konsisten dan bilang "yang mau belajar kalian bukan saya,jadi wajar kalau saya yang terlambat tidak apa-apa karena yang ingin belajar kalian".
Unknown said…
a.pernah dan itu membuat saya sangat merasa bersalah dengan apa yg telah saya lakukan.

b.dengan cara mematuhi aturan yang ada di sekolah dan berusaha untuk tidakmelanggarnya walaupun itu hanya masalah sepele

c. gur tersebut menyuruh muridnya untuk tidak datang terlambat padahal guru tersebut sering terlambat
Unknown said…
a. pernah tapi saya tak terlalu ingat kesalahan yang pernah saya lakukan.
b.dengan menaati sekolah yang telah ada
c.contoh nya, guru yang ingin memberi pelajaran malah terlambat
Unknown said…
a. pernah, dan itu sangat membuat saya bersalah, dan juga malu.
b. saya orangfnya memang kurang disiplin, tapi saya berusaha untuk menjadi orang yang disiplin.
c.bila saya melihat orang yang tidak disiplin saya teringat dengan diri saya pada saat saya melakukan kesalahan.
contoh: guru dan murid yang sering terlambat masuk

Popular posts from this blog

Jobsheet Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Keliru atau Tidak Tahu

Analisis Soal Pilihan Ganda Menggunakan Anates V4