Saturday, October 22, 2011

Study Tour PTK S2 KS Diklat-KWU PPs UNY



Kita sering mendengar "study tour", secara umum study tour adalah kegiatan yg dilakukan oleh sebuah institusi dengan tujuan melakukan komparasi, mendapat pengalaman baru dan menambah ilmu dari lokasi yg dijadikan tujuan study tour. Konsep ini jelas sangat commited dengan definisi pembelajaran bahwa pembelajaran akan menjadi bermakna ketika dekat dengan kenyataan bahkan langsung terjun pd kenyataan. Study tour dengan konsep perpaduan study (belajar) dengan tour (berwisata) menjadi menarik sebab disamping belajar secara serius masih dipadu dengan wisata. Bahkan lokasi yg dipilih juga lokasi yg memiliki lokasi wisata yg sudah dikenal luas oleh masyarakat. Perbedaan tujuan lokasi didasarkan pd tujuan yg ingin dicapai, latar belakang institusi dan kesiapan financial. Program Pascasarjana UNY adalah lembaga yg memfasilitasi kegiatan study tour dlm bagian kegiatan akademik. Hal ini tentu saja memiliki korelasi yg kuat agar mahasiswa memiliki pengalaman yg lebih nyata dan luas terhadap bidang keilmuan yg sedang mereka geluti.


Kegiatan study tour juga menjadi agenda kelas Kalsel Prodi PTK S2 konsentrasi Diklat dan Kewirausahaan. Rencana tersebut berhasil direalisasikan pada 3-8 Oktober 2011 dengan tujuan 3 lokasi yaitu ATMI Solo, SMKN 1 dan 4 Denpasar. Berikut ini Krnologis dan capaian kegiatan yg dimaksud:

Senin, 3 Oktober 2011 (local time)
Pk. 10.00 - 12.00 Jogja - Solo
Pk. 12.00 - 14.00 Diterima di ATMI Solo
Pk. 14.00 - 15.00 Ishoma di Solo-Sragen (RM.Rosalia)
Pk. 15.00 To Bali



Selasa, 4 Oktober 2011 (local time)
Pk. 05.00 - 06.00 Ketapang - Gilimanuk
Pk. 06.00 - 07.30 Transit di RM dekat Gilimanuk
Pk. 07.30 - 11.00 to Denpasar
Pk. 11.00 - 13.00 Diterima di SMKN 1 Denpasar
Pk. 13.00 - 16.00 Istirahat di Penginapan
Pk. 16.00 - 19.00 to Kuta Beach
Pk. 19.00 - Selesai Istirahat di Penginapan



Rabu, 5 Oktober 2011 (local time)
Pk. 07.30 to SMKN 4 Denpasar
Pk. 08.00 - 10.00 Diterima di SMKN 4 Denpasar
Pk. 10.00 - 11.00 Makan Siang
Pk. 11.00 - 13.30 to Krisna (pusat oleh-oleh Bali)
Pk. 13.30 - 14.00 Antar pembimbing ke Terminal
Pk. 14.00 - 16.00 to Dreamland
Pk. 16.00 - 19.00 to Airlangga (Pusat oleh-oleh Bali)
Pk. 19.00 to Penginapan



Kamis, 6 Oktober 2011
Pk. 08.00 - 10.00 to Pura Batuan
Pk. 10.00 - 11.00 to pusat bed cover
Pk. 11.00 - 12.30 Ishoma
Pk. 12.30 - 14.00 Tampak Siring Palace
Pk. 14.00 - 17.00 Ubud - Pasar Sukawati
Pk. 17.00 - 19.00 to Sanur Beach
Pk. 19.00 to Penginapan



Jumat, 7 Oktober 2011 (local time)
Pk. 07.30 - 10.00 to Sangeh
Pk. 10.00 - 12.00 to Jogger
Pk. 12.00 - 13.30 Istirahat - Sholat Jumat
Pk. 13.30 - 16.00 to Tanah Lot
Pk. 16.00 - 18.00 to Gilimanuk
Pk. 18.00 from Ketapang - to Jogja

Sabtu, 8 Oktober 2011 (local time)
Pk. 10.30 on Jogja

berikut ini oleh-olehnya:
ATMI SOLO

Jl. Adisucipto/Jl. Mojo, Kelurahan Karangasem
Kecamatan Laweyan, Kotak Pos 215, Surakarta 57102
Politeknik ATMI Surakarta adalah institusi pendidikan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi di bidang manufaktur (mesin industri) di Indonesia yang mengadopsi model pendidikan dual system dari Jerman dan Swiss. Politeknik ATMI Surakarta berdiri pertama kali pada tahun 1968 dengan nama ATMI (Akademi Tehnik Mesin Industri) dan sejak berdiri telah menggunakan sistem pendidikan yang berbasis produksi atau PBET (Production Based Education and Training). Lulusan Politeknik ATMI Surakarta selalu disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri karena pendidikan di Politeknik ATMI Surakarta membekali mahasiswa menjadi ahli madya yang trampil dan berkarakter.



Tiga kata; Competentia (keunggulan yang tercermin dalam sikap disiplin tinggi, ketelitian dan konsistensi pada kualitas), Conscientia (tanggung jawab moral) dan Compassio (cinta kasih dan kepedulian); itulah yang mampu menggambarkan Politeknik ATMI secara umum. Tiga kata yang menjadi penggambaran visi-misi Politeknik ATMI dalam belajar, bekerja dan berkomunitas.
Politeknik ATMI memiliki 3 program studi, yakni: Teknik Mesin Industri, Teknik Mekatronika, serta Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin.

Selain berfokus pada pendidikan dan produksi, Politeknik ATMI juga aktif dalam pelatihan/ training, menjadi konsultan politeknik dan program-program lain seperti I-Cell (Business Incubator), Bizdec (consultancy), Solo Techno Park (teaching factory, training center), dll.

Visi dasar Politeknik ATMI Surakarta adalah membangun masyarakat industri yang adil dan makmur, hormat akan martabat manusia dan bertanggungjawab atas keseimbangan lingkungan hidup melalui pendidikan. Misi Politeknik ATMI Surakarta adalah mendidik kaum muda menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknik dan tanggung jawab moral - sosial yang dirumuskan dalam trilogy (3C) : competentia, conscientia, compassio.



Politeknik ATMI Surakarta menggunakan sistem pendidikan yang dinamakan dengan PBET. PBET adalah kependekan dari Production Based Education and Training. Mahasiswa dididik dengan berbasis pada kegiatan produksi sehingga mahasiswa dapat benar-benar mengenal, mengalami dan memahami dunia kerja khususnya dunia Industri. Dan mahasiswa yang seperti itulah yang diminati dan dibutuhkan para pelaku Industri. Secara detail, kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa Politeknik ATMI melalui sistem pendidikan PBET adalah:
1.Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik, mempunyai pengetahuan proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan komponen dan unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.
2.Memiliki keahlian praktis dan teoretis di bidang teknik manufaktur berpedoman pada Mutu (Quality) ketepatan penyelesaian serta penyerahan (Delivery).
3.Memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja.
4.Mengetahui prinsip-prinsip kewirausahaan, siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi, beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri mempunyai rasa tanggungjawab.
5.Memiliki jiwa kepemimpinan yang jujur, ketrampilan berkomunikasi dan bertanggungjawab Dengan berbasis pada produksi, pendidikan di Politeknik ATMI mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri.



Para lulusan Polilteknik ATMI yang nantinya bekerja di industri tidak hanya dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan teoretis saja, tapi lebih ke pengetahuan-pengetahuan praktis. Hal ini diaplikasikan pada pendidikan Politeknik ATMI dengan 33% teori dan 67% praktek. Proses praktik dilakukan di bengkel/workshop, proses teori dilakukan di ruang kelas.
PBET juga diaplikasikan di tiap tingkat pendidikan Politeknik ATMI. Pada tingkat 1 ditekankan akan Sense of Quality. Di tingkat 2 ditekankan Sense of Efficiency. Dan di tingkat 3 ditekankan Sense of Creativity and Innovation. PBET juga membuat Politeknik ATMI melakukan evaluasi dan inovasi setiap tahunnya sesuai dengan perkembangan dunia industri sehingga lulusannya tetap menjadi pilihan pertama para pelaku Industri dan bahkan menjadi orang pertama di dunia Industri.

SMKN 1 Denpasar

Jl. HOS Cokroaminoto No. 84 Denpasar Tlp. (0361) 422401, Fax (0361) 425603
Visi : Menjadi Sekolah Berstandar Mutu Internasional
Misi : Menyiapkan tenaga terampil tingkat menengah bidang teknik Industri yang memenuhi standar kompetensi Internasional



SMK Negeri 1 Denpasar merupakan satu-satunya sekolah menengah kelompok Teknologi dan Industri negeri yang ada di Denpasar. SMK Negeri 1 Denpasar ini cukup dikenal oleh masyarakat Bali, sehingga masyarakat saling berebut kursi untuk dapat menyekolahkan putra dan putri kesayangannya. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar merupakan bagian terpadu dari sistem pendidikan kejuruan dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang mengemban misi untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia tingkat dan menengah. dalam mempersiapkan tugas penting tersebut, SMK Negeri 1 Denpasar telah mengembangkan sumber daya, terutama mengikuti program pengembangan tenaga kependidikan baik didalam maupun diluar negeri. Sebagai konsekuensi dari investasi besar dalam sumber daya, SMK Negeri 1 Denpasar telah memperoleh mengemban kepercayaan SMK Besar Kelompok Teknologi dan Industri untuk mempersiapkan diri menuju Sekolah Berstandar Internasional.

SMK Negeri 1 Denpasar telah melaksanakan kegiatan ini pada bidang jasa pendidikan dan pelatihan di empat bidang keahlian yang terdiri dari sebelas program keahlian. Masing-masing program keahlian memiliki program unggulan yang diminati oleh masyarakat, lulusannya telah terserap di dunia usaha dan dunia industri. Sekolah melaksanakan kurikulum 1999 dan kurikulum 2004 dengan pendekatan BBC (Broad Based Curiculum), CBT (Competency Based Training) dan Mastery Learning.
Bidang Keahlian dan Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Denpasar adalah :
1)Teknik Bangunan, 2)Teknik Elektronika, 3)Teknik Mesin, 4)Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5)Teknik Gambar Bangunan, 6)Teknik Konstruksi Bangunan, 7)Teknik Perkayuan, 8)Teknik Audio Vidio, 9)Teknik Pemanfaatan Ketenagalistrikan, 10)Teknik Pendingin dan Tata Udara, 11)Teknik Mekanik Otomatif, 12)Teknik Pemesinan, 13)Teknologi Multimedia, 14)Teknologi Komputer dan Jaringan, dan 15)Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak


SMKN 1 Denpasar sealain tugas pokoknya seperti diatas juga memiliki Core Business seperti dibawah ini:
1)Community Colege (CC) Teknik Informatika, 2)Diklat menggambar dengan menggunakan komputer dengan program AUTO CAD, 3)Produk Mebelair, 4)Program Servis AC dan Refrigation, 5)Produk Mesin tepat Guna, 6)Produk Las, 7)Pendidikan dan Pelatihan Tune Up Mobil dan Sepeda Motor, 8)Program Servis Bosh Pomp, 9)Program Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

SMKN 4 Denpasar
Jl. Drupadi 5 Denpasar, Telp. 0361-226127
Visi :Menyediakan sumber daya manusia yang profesional sebagai faktor keunggulan melalui pendidikan dan pelatihan agar mampu bersaing di era global

Misi :
1)Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, 2)Menyediakan tenaga trampil tingkat menengah yang siap diserap oleh dunia usaha dan dunia industry

Pada era globalisasi saat ini tiga industri yang akan berkembang pesat yang dikenal dengan istilah 3 T, yaitu Telecommunication, Transportation, dan Tourism. SMK Negeri 4 Denpasar merupakan sekolah pariwisata yang menjawab tantangan tersebut. Saat ini di SMK Negeri 4 Denpasar diasuh oleh tenaga pengajar yang sangat berkompeten dibidangnya (bahkan 7 orang gurunya merupakan alumni dari Austria), fasilitas yang sangat lengkap (lab. Komputer, Lab. Kitchen, Hotel, Butik dan kafe) dan gedung yang megah, sehingga sangat tepat apabila saat ini SMK Negeri 4 Denpasar merupakan Pusat Pengembangan Sekolah Pariwisata di Indonesia Timur.

Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 4 Denpasar :
1)Keahlian Tata Boga, 2)Keahlian Akomodasi Perhotelan, 3) Keahlian Busana
Sistem pengajaran di SMK Negeri 4 Denpasar mengadopsi pengajaran sistem blok dari Austria dan sistem CBT (Competency Based Training) dari Australia yang bertujuan agar lulusannya mempunyai kompetensi yang bertaraf internasional. Untuk meningkatkan wawasan para siswa, saat ini di SMK Negeri 4 Denpasar mengadakan kegiatan ekstra yaitu: 1)Komputer (termasuk internet), 2)Bahasa Inggris, 3)PMR, 4)Pramuka, dan 5)Olah Raga

Peserta Study Tour PTK S2 Kalsel Konsentrasi Diklat-KWU
Pendamping : 1. Dr. Wagiran 2. Dr. Dwi Rahdiyanto
Izuddin Syarif, Nur Imam, Bejo Santoso, Sumarso, Abdul Majid, Yoelistyowati NAF, Suwendri, Agus Miyanto, Joko Susanto & Isteri, Budiyono, Siti Nurmala & Suami, Chalis Afkari, Siti Nurbaya.

No comments:

Saturday, October 22, 2011

Study Tour PTK S2 KS Diklat-KWU PPs UNY



Kita sering mendengar "study tour", secara umum study tour adalah kegiatan yg dilakukan oleh sebuah institusi dengan tujuan melakukan komparasi, mendapat pengalaman baru dan menambah ilmu dari lokasi yg dijadikan tujuan study tour. Konsep ini jelas sangat commited dengan definisi pembelajaran bahwa pembelajaran akan menjadi bermakna ketika dekat dengan kenyataan bahkan langsung terjun pd kenyataan. Study tour dengan konsep perpaduan study (belajar) dengan tour (berwisata) menjadi menarik sebab disamping belajar secara serius masih dipadu dengan wisata. Bahkan lokasi yg dipilih juga lokasi yg memiliki lokasi wisata yg sudah dikenal luas oleh masyarakat. Perbedaan tujuan lokasi didasarkan pd tujuan yg ingin dicapai, latar belakang institusi dan kesiapan financial. Program Pascasarjana UNY adalah lembaga yg memfasilitasi kegiatan study tour dlm bagian kegiatan akademik. Hal ini tentu saja memiliki korelasi yg kuat agar mahasiswa memiliki pengalaman yg lebih nyata dan luas terhadap bidang keilmuan yg sedang mereka geluti.


Kegiatan study tour juga menjadi agenda kelas Kalsel Prodi PTK S2 konsentrasi Diklat dan Kewirausahaan. Rencana tersebut berhasil direalisasikan pada 3-8 Oktober 2011 dengan tujuan 3 lokasi yaitu ATMI Solo, SMKN 1 dan 4 Denpasar. Berikut ini Krnologis dan capaian kegiatan yg dimaksud:

Senin, 3 Oktober 2011 (local time)
Pk. 10.00 - 12.00 Jogja - Solo
Pk. 12.00 - 14.00 Diterima di ATMI Solo
Pk. 14.00 - 15.00 Ishoma di Solo-Sragen (RM.Rosalia)
Pk. 15.00 To Bali



Selasa, 4 Oktober 2011 (local time)
Pk. 05.00 - 06.00 Ketapang - Gilimanuk
Pk. 06.00 - 07.30 Transit di RM dekat Gilimanuk
Pk. 07.30 - 11.00 to Denpasar
Pk. 11.00 - 13.00 Diterima di SMKN 1 Denpasar
Pk. 13.00 - 16.00 Istirahat di Penginapan
Pk. 16.00 - 19.00 to Kuta Beach
Pk. 19.00 - Selesai Istirahat di Penginapan



Rabu, 5 Oktober 2011 (local time)
Pk. 07.30 to SMKN 4 Denpasar
Pk. 08.00 - 10.00 Diterima di SMKN 4 Denpasar
Pk. 10.00 - 11.00 Makan Siang
Pk. 11.00 - 13.30 to Krisna (pusat oleh-oleh Bali)
Pk. 13.30 - 14.00 Antar pembimbing ke Terminal
Pk. 14.00 - 16.00 to Dreamland
Pk. 16.00 - 19.00 to Airlangga (Pusat oleh-oleh Bali)
Pk. 19.00 to Penginapan



Kamis, 6 Oktober 2011
Pk. 08.00 - 10.00 to Pura Batuan
Pk. 10.00 - 11.00 to pusat bed cover
Pk. 11.00 - 12.30 Ishoma
Pk. 12.30 - 14.00 Tampak Siring Palace
Pk. 14.00 - 17.00 Ubud - Pasar Sukawati
Pk. 17.00 - 19.00 to Sanur Beach
Pk. 19.00 to Penginapan



Jumat, 7 Oktober 2011 (local time)
Pk. 07.30 - 10.00 to Sangeh
Pk. 10.00 - 12.00 to Jogger
Pk. 12.00 - 13.30 Istirahat - Sholat Jumat
Pk. 13.30 - 16.00 to Tanah Lot
Pk. 16.00 - 18.00 to Gilimanuk
Pk. 18.00 from Ketapang - to Jogja

Sabtu, 8 Oktober 2011 (local time)
Pk. 10.30 on Jogja

berikut ini oleh-olehnya:
ATMI SOLO

Jl. Adisucipto/Jl. Mojo, Kelurahan Karangasem
Kecamatan Laweyan, Kotak Pos 215, Surakarta 57102
Politeknik ATMI Surakarta adalah institusi pendidikan tinggi yang berkonsentrasi pada pendidikan vokasi di bidang manufaktur (mesin industri) di Indonesia yang mengadopsi model pendidikan dual system dari Jerman dan Swiss. Politeknik ATMI Surakarta berdiri pertama kali pada tahun 1968 dengan nama ATMI (Akademi Tehnik Mesin Industri) dan sejak berdiri telah menggunakan sistem pendidikan yang berbasis produksi atau PBET (Production Based Education and Training). Lulusan Politeknik ATMI Surakarta selalu disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri karena pendidikan di Politeknik ATMI Surakarta membekali mahasiswa menjadi ahli madya yang trampil dan berkarakter.



Tiga kata; Competentia (keunggulan yang tercermin dalam sikap disiplin tinggi, ketelitian dan konsistensi pada kualitas), Conscientia (tanggung jawab moral) dan Compassio (cinta kasih dan kepedulian); itulah yang mampu menggambarkan Politeknik ATMI secara umum. Tiga kata yang menjadi penggambaran visi-misi Politeknik ATMI dalam belajar, bekerja dan berkomunitas.
Politeknik ATMI memiliki 3 program studi, yakni: Teknik Mesin Industri, Teknik Mekatronika, serta Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin.

Selain berfokus pada pendidikan dan produksi, Politeknik ATMI juga aktif dalam pelatihan/ training, menjadi konsultan politeknik dan program-program lain seperti I-Cell (Business Incubator), Bizdec (consultancy), Solo Techno Park (teaching factory, training center), dll.

Visi dasar Politeknik ATMI Surakarta adalah membangun masyarakat industri yang adil dan makmur, hormat akan martabat manusia dan bertanggungjawab atas keseimbangan lingkungan hidup melalui pendidikan. Misi Politeknik ATMI Surakarta adalah mendidik kaum muda menjadi tenaga profesional yang memiliki kemampuan teknik dan tanggung jawab moral - sosial yang dirumuskan dalam trilogy (3C) : competentia, conscientia, compassio.



Politeknik ATMI Surakarta menggunakan sistem pendidikan yang dinamakan dengan PBET. PBET adalah kependekan dari Production Based Education and Training. Mahasiswa dididik dengan berbasis pada kegiatan produksi sehingga mahasiswa dapat benar-benar mengenal, mengalami dan memahami dunia kerja khususnya dunia Industri. Dan mahasiswa yang seperti itulah yang diminati dan dibutuhkan para pelaku Industri. Secara detail, kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa Politeknik ATMI melalui sistem pendidikan PBET adalah:
1.Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik, mempunyai pengetahuan proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan komponen dan unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.
2.Memiliki keahlian praktis dan teoretis di bidang teknik manufaktur berpedoman pada Mutu (Quality) ketepatan penyelesaian serta penyerahan (Delivery).
3.Memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja.
4.Mengetahui prinsip-prinsip kewirausahaan, siap beradaptasi dengan kemajuan teknologi, beriman, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri mempunyai rasa tanggungjawab.
5.Memiliki jiwa kepemimpinan yang jujur, ketrampilan berkomunikasi dan bertanggungjawab Dengan berbasis pada produksi, pendidikan di Politeknik ATMI mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan industri.



Para lulusan Polilteknik ATMI yang nantinya bekerja di industri tidak hanya dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan teoretis saja, tapi lebih ke pengetahuan-pengetahuan praktis. Hal ini diaplikasikan pada pendidikan Politeknik ATMI dengan 33% teori dan 67% praktek. Proses praktik dilakukan di bengkel/workshop, proses teori dilakukan di ruang kelas.
PBET juga diaplikasikan di tiap tingkat pendidikan Politeknik ATMI. Pada tingkat 1 ditekankan akan Sense of Quality. Di tingkat 2 ditekankan Sense of Efficiency. Dan di tingkat 3 ditekankan Sense of Creativity and Innovation. PBET juga membuat Politeknik ATMI melakukan evaluasi dan inovasi setiap tahunnya sesuai dengan perkembangan dunia industri sehingga lulusannya tetap menjadi pilihan pertama para pelaku Industri dan bahkan menjadi orang pertama di dunia Industri.

SMKN 1 Denpasar

Jl. HOS Cokroaminoto No. 84 Denpasar Tlp. (0361) 422401, Fax (0361) 425603
Visi : Menjadi Sekolah Berstandar Mutu Internasional
Misi : Menyiapkan tenaga terampil tingkat menengah bidang teknik Industri yang memenuhi standar kompetensi Internasional



SMK Negeri 1 Denpasar merupakan satu-satunya sekolah menengah kelompok Teknologi dan Industri negeri yang ada di Denpasar. SMK Negeri 1 Denpasar ini cukup dikenal oleh masyarakat Bali, sehingga masyarakat saling berebut kursi untuk dapat menyekolahkan putra dan putri kesayangannya. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Denpasar merupakan bagian terpadu dari sistem pendidikan kejuruan dibawah naungan Departemen Pendidikan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, yang mengemban misi untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia tingkat dan menengah. dalam mempersiapkan tugas penting tersebut, SMK Negeri 1 Denpasar telah mengembangkan sumber daya, terutama mengikuti program pengembangan tenaga kependidikan baik didalam maupun diluar negeri. Sebagai konsekuensi dari investasi besar dalam sumber daya, SMK Negeri 1 Denpasar telah memperoleh mengemban kepercayaan SMK Besar Kelompok Teknologi dan Industri untuk mempersiapkan diri menuju Sekolah Berstandar Internasional.

SMK Negeri 1 Denpasar telah melaksanakan kegiatan ini pada bidang jasa pendidikan dan pelatihan di empat bidang keahlian yang terdiri dari sebelas program keahlian. Masing-masing program keahlian memiliki program unggulan yang diminati oleh masyarakat, lulusannya telah terserap di dunia usaha dan dunia industri. Sekolah melaksanakan kurikulum 1999 dan kurikulum 2004 dengan pendekatan BBC (Broad Based Curiculum), CBT (Competency Based Training) dan Mastery Learning.
Bidang Keahlian dan Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Denpasar adalah :
1)Teknik Bangunan, 2)Teknik Elektronika, 3)Teknik Mesin, 4)Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5)Teknik Gambar Bangunan, 6)Teknik Konstruksi Bangunan, 7)Teknik Perkayuan, 8)Teknik Audio Vidio, 9)Teknik Pemanfaatan Ketenagalistrikan, 10)Teknik Pendingin dan Tata Udara, 11)Teknik Mekanik Otomatif, 12)Teknik Pemesinan, 13)Teknologi Multimedia, 14)Teknologi Komputer dan Jaringan, dan 15)Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak


SMKN 1 Denpasar sealain tugas pokoknya seperti diatas juga memiliki Core Business seperti dibawah ini:
1)Community Colege (CC) Teknik Informatika, 2)Diklat menggambar dengan menggunakan komputer dengan program AUTO CAD, 3)Produk Mebelair, 4)Program Servis AC dan Refrigation, 5)Produk Mesin tepat Guna, 6)Produk Las, 7)Pendidikan dan Pelatihan Tune Up Mobil dan Sepeda Motor, 8)Program Servis Bosh Pomp, 9)Program Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

SMKN 4 Denpasar
Jl. Drupadi 5 Denpasar, Telp. 0361-226127
Visi :Menyediakan sumber daya manusia yang profesional sebagai faktor keunggulan melalui pendidikan dan pelatihan agar mampu bersaing di era global

Misi :
1)Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, 2)Menyediakan tenaga trampil tingkat menengah yang siap diserap oleh dunia usaha dan dunia industry

Pada era globalisasi saat ini tiga industri yang akan berkembang pesat yang dikenal dengan istilah 3 T, yaitu Telecommunication, Transportation, dan Tourism. SMK Negeri 4 Denpasar merupakan sekolah pariwisata yang menjawab tantangan tersebut. Saat ini di SMK Negeri 4 Denpasar diasuh oleh tenaga pengajar yang sangat berkompeten dibidangnya (bahkan 7 orang gurunya merupakan alumni dari Austria), fasilitas yang sangat lengkap (lab. Komputer, Lab. Kitchen, Hotel, Butik dan kafe) dan gedung yang megah, sehingga sangat tepat apabila saat ini SMK Negeri 4 Denpasar merupakan Pusat Pengembangan Sekolah Pariwisata di Indonesia Timur.

Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 4 Denpasar :
1)Keahlian Tata Boga, 2)Keahlian Akomodasi Perhotelan, 3) Keahlian Busana
Sistem pengajaran di SMK Negeri 4 Denpasar mengadopsi pengajaran sistem blok dari Austria dan sistem CBT (Competency Based Training) dari Australia yang bertujuan agar lulusannya mempunyai kompetensi yang bertaraf internasional. Untuk meningkatkan wawasan para siswa, saat ini di SMK Negeri 4 Denpasar mengadakan kegiatan ekstra yaitu: 1)Komputer (termasuk internet), 2)Bahasa Inggris, 3)PMR, 4)Pramuka, dan 5)Olah Raga

Peserta Study Tour PTK S2 Kalsel Konsentrasi Diklat-KWU
Pendamping : 1. Dr. Wagiran 2. Dr. Dwi Rahdiyanto
Izuddin Syarif, Nur Imam, Bejo Santoso, Sumarso, Abdul Majid, Yoelistyowati NAF, Suwendri, Agus Miyanto, Joko Susanto & Isteri, Budiyono, Siti Nurmala & Suami, Chalis Afkari, Siti Nurbaya.

No comments:

.