Posts

Showing posts from September, 2011

Penilaian Hasil Belajar

Image
Secara umum penilaian (assessment) hasil belajar siswa merupakan hak mendasar dari seorang guru dengan tetap mengacu pada prinsip transparansi, akuntabel dan sistematis. Penilaian yang baik adalah penilaian yang mampu meminimalisir unsur subjektifitas dengan memprioritaskan objektifitas. Adapun acuan penilaian yang masih menjadi pegangan guru meliputi 3 ranah kognitif, afektif dan psikomotrik. Kemampuan kognitif menurut Taksonomi Bloom, meliputi : a.Ingatan (C1) yaitu kemampuan seseorang untuk mengingat (simbol, istilah, definisi, fakta, aturan, urutan, metode) b.Pemahaman (C2) yaitu kemampuan menerjemahkan, menafsirkan, memperkirakan, menentukan, menginterprestasikan. c.Penerapan (C3), yaitu kemampuan menghubungkan, memilih, mengorganisasikan, memindahkan, menyusun, menggunakan, menerapkan, mengklasifikasikan, mengubah struktur. d.Analisis (C4), Kemampuan berfikir logis seperti membandingkan, menganalisis, menemukan, mengalokasikan, membedakan, mengkategorikan. e.Sintesis