#4 Kompeten atau Impoten.....?
Bahan diskusi 1 - 10 Mei 2014
……..sangat tidak lucu jika
orang yang TIDAK KOMPETEN diplesetkan dengan IMPOTENSI……
Sebagian besar orang memahami
bahwa kompetensi adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu. Sementara dalam
dunia pendidikan seseorang dinyatakan kompeten ketika dirinya telah memiliki
pengetahuan, sikap dan kemampuan. Dalam bahasa yang sederhana bahwa siswa yang
kompeten adalah siswa yang pandai dalam teori, sopan dalam bersikap dan
terampil mengerjakan sesuatu. Berarti secara jelas 3 syarat tersebut harus
dipenuhi bukan pilihan tapi wajib ketiga-tiganya harus dimiliki oleh seseorang
jika ingin disebut kompeten.
Bicara kompetensi mengingatkan
pada pertemuan saya dengan guru saya ketika STM (Sekolah Teknologi Kejuruan)
dulu. Pembicaraan tersebut sangat menarik meski hanya berlangsung sekitar 45
menit dalam perjalanan dari Banjarmasin ke Jakarta. Nah yang menarik, beliau
menambahkan 2 karakter khusus melekat pada diri seseorang yang kompeten yaitu:
a.
Waktu, dibuktikan dengan kecepatan
seseorang dalam melakukan sesuatu
b.
Presisi, yaitu ketepatan dalam melakukan/menghasilkan
sesuatu
Sekarang mari kita analisis
sederhana:
-
Kata “dan” diantara waktu – presisi berarti keduanya harus dimiliki,
bukan pilihan
-
Barang yang dihasilkan sebaik apapun namun dihasilkan dalam waktu yang
sangat lama maka tidak memenuhi kriteria kompetensi
-
Barang dihasilkan secepat apapun namun tidak tepat juga tidak memenuhi
syarat kompetensi
-
Contohnya: saat kita memesan sesuatu maka yang diharapkan adalah barang
yang baik kualitasnya dan memiliki waktu pemenuhan yang cepat (kita tidak perlu
menunggu lama)
Jika dikatikan dengan kondisi
pembelajaran di sekolah kita bagaimana…..?
a.
Kategori : TIDAK KOMPETEN
Presisi tepat – ketepatan waktu
lemah
Seorang guru yang baik cara
mengajarnya, menggunakan metode pembelajaran yang menarik namun seringkali
terlambat atau bahkan jarang hadir akan membuat motivasi siswa untuk menerima
pembelajaran beliau jadi turun bahkan berbalik jadi antipati
b.
Kategori : TIDAK KOMPETEN
Presisi lemah – ketepatan
waktu baik
Seorang guru yang rajin dalam
mengajar, masuk tepat waktu namun lebih banyak memberi tugas siswa dengan
mengandalkan buku panduan atau LKS. Beliau kurang berani mengekplorasi
pertanyaan siswa dan lebih banyak dijawab hanya dengan membaca pada buku
panduan (LKS)
c.
Kategori : SANGAT TIDAK
KOMPETEN
Presisi lemah – ketepatan
waktu lemah
Yaitu guru sering terlambat
bahkan banyak alasan tidak mengajar, lalai dengan tidak memberi tugas bagi
siswa, pengetahuan yang ditransfer ke siswa lebih banyak berasal dari buku
panduan (LKS). Penilaian sangat tidak objektif, hanya mengandalkan kedekatan
dan sensitif dengan kritikan (mudah tersinggung jika siswa bertanya terlalu
kritis tentang materi atau kinerjanya)
d.
Kategori : KOMPETEN
Presisi tepat – waktu tepat
Terjadi jika seorang guru
menerapkan metode yang menyenangkan, mudah dipahami siswa saat dirinya
menjelaskan materi, memberi penilaian yang objektif, memiliki jawaban yang
langsung mengena pada kondisi siswa, sering ditunggu oleh siswa kehadirannya,
bahkan siswa merasa ada yang hilang saat beliau tidak mengajar
Memang tidaklah mudah untuk
memenuhi kriteri kompetensi yaitu pemenuhan waktu yang baik dan presisi yang
tinggi, namun semuanya perlu proses dan proses tersebut harus dimulai dari
sekarang. Berikut ini tips bagi pengajar sebagai modal awal untuk bisa mengajar
dengan baik:
a.
Punya tekad yang kuat untuk maju
b.
Memiliki motivasi tiap kali mengajar dengan menganggap siswa yang
diajarnya adalah bagian dari dirinya
c.
Tidak malu bertanya atau belajar tanpa memandang umur dan jabatan
d.
Konsistensi (ketaatan) pada perubahan untuk perbaikan
Banyak
orang yang hanya termotivasi di awal namun lemah di akhir oleh karena itu kunci
terakhir adalah konsistensi untuk perubahan terhadap perbaikan. Sangat tidak
lucu jika orang yang TIDAK KOMPETEN diplesetkan dengan IMPOTENSI…. J (by sya)
Sekarang silakan beri komentar:
a.
pernahkah kamu menemukan pengajar yang sering telat dan kurang
menguasai materi (terlihat saat ditanya, hanya mengandalkan buku
pedoman), jika ia maka beliau SANGAT TIDAK KOMPETEN
b. pernahkah kamu menemukan pengajar yg terlambat namun memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? nah beliau juga masuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang mengajar tepat waktu namun kurang menguasai materi? beliau juga termasuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang seringkali hadir dan memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? Beliau ini dikategorikan KOMPETEN
b. pernahkah kamu menemukan pengajar yg terlambat namun memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? nah beliau juga masuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang mengajar tepat waktu namun kurang menguasai materi? beliau juga termasuk kategori TIDAK KOMPETEN
c. pernahkah kamu menemukan pengajar yang seringkali hadir dan memiliki metode mengajar yang baik dan menyenangkan? Beliau ini dikategorikan KOMPETEN
Comments
b. ada juga guru yg datang tepat wakru namun sangat membosankan. baru masuk sudah menjawab soal lks. padahal penjelasan materi belum ada.
c. ada juga guru yg datang BISA terlambat namun saat pembelajaran tidak bertumpu pada LKS, kalau ada di buku LKS yg tidak ada maka, ia akan menjelaskan dipapan tulis.
d. ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengajar yg menyenangkan .
b. ada juga guru yang datang tepat waktu, tanpa penjelasan langsung memberi tugas di LKS.
c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tapi menjelaskan sebuah materi memang sungguh-sungguh sampai murid mengerti.
d. ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengajarnya juga sungguh-sungguh menjelaskan sampai murid bisa memahami dan tidak membosankan.
b. ada guru yang datangnya tepat waktu skali tapi yang disayangkan metode pembelajarannya sangat membosankan dan membuat siswa malas belajar.
c. ada guru yang datangnya terlambat namun metode pembelajarannya tidak hanya bertumpu pada lks tapi juga buku-buku yang lainnya yang dijelaskan pada siswa
d. ada juga guru y7ang sudah datang tepat waktu metode pembelajarannya juga sangat menyenangkan.
b.Ada juga guru yang tepat waktu namun sangan membosankan ,memberikan tugas padahal materi belum di jelaskan dan kadang metode pembelajaran sangat membosankan dan membuat siswa tidak semangat atau malas belajar.
c.ada juga datang nya bisa terlambat namun menjelaskan sebuah materi secara sungguh-sungguh dan tidak bertumpu pada metode tapi pada lks tapi juga pada buku-buku lain.
d.ada juga yang yang datang tepat waktu dan cara mengajarkannya yang sangat menyenangkan dan mudah di pahami oleh siswa dan tidak membosankan.
b.pernah.meskipun terlamabt tapi guru tersebut saat mengajar memberikan materi dan penjelasan yang mudah dimengerti
c.ada juga guru yang datang tepat waktu namun beliau tidak terlalu menguasai materi sehingga guru tersebut menjelaskan apa yang beliau ketahui saja.
d.pernah.guru tersebut sudah datang tepat waktu dan memberikan materi dan penjelasan yang mudah dimengarti.dan metode pembelajarannya pun menyenangkan sehingga membuat siswa bersemangat mengikuti pelajaran tersebut.
B.Pernah.meskipun guru itu sering terlambat namun pelajaran nya menyenangkan dan mudah di mengerti oleh murid.
C.Pernah.Guru itu masuk ke kelas tepat waktu,namun guru itu tidak terlalu menguasai pelajaran saat menjelaskan.
D.Pernah.guru itu masuk ke kelas tepat waktu dan penjelasannya mudah di mengerti oleh siswa.
B. Pernah, meskipun beliau terlambat masuk tapi metode belajar beliau mudah di mengerti, dan membuat murit-murit antusias dalam kelas dan relatif aktif dalam tanya dengan beliau, emmm tapi belau tidak sepenuhnya jua sih terlambat masuk mengajarnya.
C. Pernah. Beliau itu tidak pernah terlambat masuk tetapi metode beliau mengajar cenderung membosankan, bahkan membuat muritnya mengantuk dan beliau pun cenderung tidak menguasi materi.
D. Pernah, beliau itu masuk kelas tepat waktu dan metode belajar beliau tidak membosankan dan penjelasan beliau mudah di mengerti oleh muritd nya.
b. ada guru yang masuk tepat waktu namun dalam penjelasannya tidak kompeten sama sekali(membosankan)
c. ada guru yang datang terlambat namun penjelasan nya tidak bertumpu pd LKS< dan itu juga guru yang tidak kompeten
d. ada guru yang tepat waktu dan pembelajarannya juga menyenangkan, tfe kalau tidak menyenanngkan itu berarti sama saja membosankan
b. ada juga guru yang datang tepat waktu tpi caranya mengajarkan membosankan dan tdak rme...
c.ada juga guru yang datang terlambat tpi cara menjelaskan ke muridnya sangat baik dan mudah di pahami
d.ada juga guru yang dapang terlambat dan ia mengajarnya menyenangkan sehingga murid tidak bosan
b. itu jaga ada, datang tepat waktu tapi langsung beri tugas, padahal belum di jelaskan.
c. mungkin ada, datang terlambat tapi kalau dalam pembelajaran yang ada dalam lks itu di jelaskan di papan tulis. tidak terlalu bertumpu lahh.
d.ada, itu pelajaran yang paling menyenangkan
b. pernah. tapi guru tersebut memberikan penjelasan yang mudah dipahami
c.pernah dan hanya mengandalkan buku pedoman
d. ada dan guru tersebut memberikan penjelasan yang mudah dipahami
B.pernah. tp cukup mudah dlm memberikan pelajaran
C. Pernah. Hanya mengandalkan buku pedoman saja
D.pernah ini lah yg sangat menyenangkan jarang terjadi
b. pernah, tapi tidak semua guru bisa melakukan metode belajar dengan menyenangkan, itu memang sangat tidak kompeten.
c. Menurut pendapat saya, guru yang tepat waktu mengajarnya, otomatis guru tersebut pasti mengusai materi yang dia ajarkan dengan baik. Sangat tidak mungkin guru tidak mengusai materi ketika masuknya tidak telat.
d. Pernah, jika semua guru bisa menerapkan metode tepat waktu mengajarnya dan mengusai materi serta menyenangkan, maka bisa di jamin siswa itu akan mudah memahaminya.
b.ada juga guru yang datang tepat waktu tetapi dalam metode belajar guru tersebut langsung menyuruh mengerjakan tugas padahal materi tersebut belum pernah disampaikan.
c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tetapi dalam penyampaian materi guru tersebut menjelaskan dengan sungguh-sungguh dan tidak terlalu bertumpu paa buku LKS saja
d.ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara penyampaian guru tersebut menyenangkan
b. ada juga guru yang datang terlambat tapi memberi penjelasan langsung di LKS.
c ada guru yang datang terlambat namun metode pembelajarannya tidak hnya bertumpu pada LKS tapi juga buku-byky lain untuk di jelaskan pada siswa
d. ada juga guru yang datang tepat waktu namun pembelajarannya juga menyenangkan.
b. ada juga guru yang datang tepat waktu teti ketika masuk langsung memberikan tugas tanpa ada penjelasan materi sebelumnya.
c.dan ada juga guru yang datang tepat waktu dan cara mengarnyapun menyenangkan hingga membuat murid mudah untuk memahami materi yang dijelaskan tersebut.
b. ada juga yang datang tepat waktu tapi tidak memberi penjelasan.
c. ada juga yang datang terlambat tapi bisa membuat memberi penjelasan yang baik.
d. ada juga yang tepat waktu dan jbisa membuat susasana kalas xaman
xin3xa
a. pasti ada lah, guru itu cuma mengandalkan buku lks dalam pembelajarannya
b. ada juga guru yg datang tepat wakru namun sangat membosankan. baru masuk sudah menjawab soal lks. padahal penjelasan materi belum ada.
c. ada juga guru yang datang bisa terlambat tapi menjelaskan sebuah materi memang sungguh-sungguh sampai murid mengerti.
d.ada juga yang yang datang tepat waktu dan cara mengajarkannya yang sangat menyenangkan dan mudah di pahami oleh siswa dan tidak membosankan.
b. ada guru yang masuk tepat waktu namun dalam penjelasannya tidak kompeten sama sekali(membosankan)
c. ada guru yang datang terlambat namun penjelasan nya tidak bertumpu pd LKS< dan itu juga guru yang tidak kompeten
d. ada guru yang tepat waktu dan pembelajarannya juga menyenangkan, tfe kalau tidak menyenanngkan itu berarti sama saja membosankan
B.ada juga guru yg slalu hdir tpi sgt mmbosankn krna jrg mnghibur
C. juga ada guru yg sering trlambat tpi mnyenangkn saat mngjr mudh di phmi
D.ada juga guru yg tepat wktu dan cara mngjarx sgt seruu