#6 - Sederhanaaaaaaaa
Bahan Diskusi 19 - 24 Mei 2014
……..sederhana artinya
bersahaja, tidak berlebih-lebihan……(KBBI)
Seringkali kita mendengar kata
sederhana, bahkan hal tersebut jamak disebutkan oleh setiap orang di sekitar
kita. Namun apakah konsep hidup sederhana itu semudah kita mengucapkannya?
Sederhana menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bersahaja dan tidak berlebih-lebihan. Setiap
orang memang tidak dilarang untuk hidup bekecukupan, namun tahukah kalian bahwa
cukup itu sangat relatif (tidak memiliki takaran yang baku atau standar bagi
setiap orang) berikut ini beberapa kondisi yang seringkali kita temukan di
sekitar kita:
a.
Berpakaian tidaklah perlu mahal yang penting bersih dan rapi. Sebagian
orang seringkali terkesan untuk berpakaian yang modern sesuai trend namun lupa
akan arti bersih dan rapi. Seorang rekan saya pernah berseloroh (bercanda)
“….seseorang disebut kaya jika pakaian yang pernah dipakainya tidak akan
dipakainya lagi….” Dengan kata lain jika kamu pernah menggunakan pakaianmu
lebih dari 1 kali maka kamu katanya TIDAK KAYA. Memang hal tersebut tidaklah
menjadi ukuran namun ada yang perlu kita ambil point pentingnya yaitu, hiduplah
sederhana
b.
Hidup sederhana juga dicontohkan kepala sekolah kita yang meskipun
secara keuangan beliau cukup mampu untuk membeli mobil seperti kebanyakan
orang, namun beliau tetap bersahaja dengan sepeda motor tercintanya
c.
Gadget atau benda elektronik seperti HP merupakan benda yang paling
cepat mengalami perubahan. Jadi hiduplah sederhana dengan tidak perlu
berganti-ganti HP untuk memuaskan diri hanya karena tidak mau ketinggalan
zaman. Sungguh ironis HP yang canggih namun ternyata pengggunaannya hanya
seputar sms dan telepon yang jika menggunakan HP sederhanapun masih bisa
dilakukan
d.
Dan lain-lain
Sekarang bagaimana arti
sederhana jika dikaitkan dengan konteks pembelajaran antara guru dan siswa di
sekolah? Mari kita cermati berikut ini:
a.
Jadilah siswa yang sederhana dengan berpakaian rapi dan bersih tanpa
harus selalu mengikuti trend yang seringkali diluar budaya ketimuran kita.
b.
Jadilah siswa yang sederhana selalu bersahaja dengan tenang mengikuti
pelajaran dalam kelas dan mengajukan pertanyaan yang memang tidak dipahaminya
c.
Jadilah siswa yang sederhana dengan memahami kondisi keuangan orang tua
sehingga tidak perlu harus memaksa orang tua membelikan HP atau sepeda motor
untuk pergi ke sekolah
d.
Jadilah siswa yang sederhana dan bijaksana dalam menggunakan uang saku
yang diberikan orang tua untuk kepentingan sekolah
e.
Jadilah siswa yang sederhana dengan tidak pernah melupakan untuk mengucapkan
salam atau menunduk saat bertemu dengan yang lebih tua (gurumu)
….seorang siswa saya setiap kali bersamaan menuju sekolah atau sepulang
sekolah, dirinya tidak pernah mau mendahului saya meskipun jika mau dia bisa
melakukannya, namun dirinya tetap berada di belakang saya…..itulah etika yang
kuat tertanam dalam dirinya
f.
Jadilah guru yang sederhana dengan tetap mengajar meskipun memiliki
pekerjaan lain yang menyita waktu di sekolah, sebab mengajar adalah kewajiban
yang diamanahkan negara bagi seorang guru
g.
Jadilah guru sederhana dengan tidak melebih-lebihkan kemampuan siswa
yang memang tidak mampu dalam bentuk penilaian. Sebab jamak ditemukan guru
tidak memiliki dasar kuat dalam memberi nilai sehingga nilai yang diberikan
hanya menggunakan “feeling” tanpa bukti
yang otentik (nyata)
h.
Jadilah guru sederhana yang selalu mengupayakan pembelajaran
menyenangkan dan tidak membosankan siswa, sehingga siswa bersemangat dalam
mengikuti uraiannya.
i.
Jadilah guru sederhana yang secara periodik meminta masukan akan
kekurangannya dalam mengajar dari siswa yang diajarnya atau rekan sejawatnya
j.
Jadilah guru sederhana yang mampu memberikan contoh dan teladan bagi
kebersahajaan dengan rajin mengajar, datang tepat waktu dan sabar dalam
menerima perbedaan kemampuan siswa
k.
Dan lain-lain
Silakan komentari:
a. sudahkah kamu hidup sederhana, beri contohnya
b. sudahkah gurumu mengajarmu dengan cara yg sederhana sehingga mudah kamu mengerti dan kamu sukai teknik menagajrnya, beri contohnya
Comments
b.Sudah,seperti memberikan contoh soal dan membahasnya bersama-sama dan itu sangat membuat siswa mengerti. Atau guru tersebut memberikan contoh di kehidupan masyarakat sehingga membuat siswa terinspirasi dengan catatan cerita tersebut bernilai positif.
b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
b.sudah.seperti menjelelaskan pelajaran dengan memberikan contoh-contoh yang sederhana tentang materi yang diberikan yang mudah dipahami oleh siswanya dan dengan cara mengajar sengan santai tetapi serius.
b.b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
b.sudah salah satumya dengan menghemat kertas dengan program elearning.
yang tdi msuk d e mail jailani pa
B. sudah seperti menjelaskan pelajaran dengan memberikan contoh sederhana tentang materi yg di sampaikan dan salah satu contohnya adalah dengan memberikan program e-Learning agar dapat menghemat pulpen dan kertas.
b. sudah . dengan adanya buku modul dapat mengurangi penggunaan buku tulis.
B.sudah seperti menjelaskan pelajaran yang di ajar guru.
b.Sudah,Seperti Memberikan contoh soal dan menjelaskan pelajaran sampai siswa dan siswi bisa memahami contoh-contoh sederhana yang di berikan.
B.Sudah,setelah di adakan program belajar dengan menggunakan elearning itu kita bisa lebih mengerti dan menghemat pulpen dan kertas.
b.sudah,seperti menjelaskan dengan sedarhana dan sangat mudah dipahami
b.suda,seperti menjelaskan dengan sedarhana namun mudah dipahami pada setiap materi yang dibahas
b.sudah,seperti memberikan materi yang mudah di pahami oleh muritnya, dan terkadang meringkaskan materi yang sangat panjang pembahasannya, sehingga muritnya bisa memehami materi tersebut dengan mudah.
B.sudah salah satu seperti menghemat buku tulis dengan adanya elearning.
b. sudah, guru yang memberikan penjelasn yang positif maka hasilnya pun pastilah yang akan positif, dan dalam penjelasan itu haruslah ada varias-variasinya seperti ada tawa canda di dalamnya(tidak mesti serius terus dalam pembelajarannya).
B. Sudah. Dengan menjelaskan secara sederhana tidak berbelit-belit agar murid bisa memahaminya
b.sudah, contohnya memberikan pertanyaan dan memberi soal lalu menjelaskan bersama sama,membuat tugas di elerning itu pun juga untuk menghemat kertas,
B. sudah seperti memberikan rumus yang mudah diingat oleh para siswa sehingga memudahkan siswa mempelajari pelajaran yang diajarkan.
b. sudah, seperti menjelaskan sebuah materi pelajaran dan memberikan contoh-contoh yang sederhana mudah dipahami oleh siswanya.
b. sudah,salah satunya dengan program elearning hal tersebut membuat kita jadi lebih tau tentang dunia internet dan bagaimana penggunaannya
b. iya boss, dengan memakai sistem menabung kita bisa menghemat biaya saat kita lagi kena kanker (kantung kering) dengan menyediakan sistem menabung disekolah.
b. iya boss, dengan memakai sistem menabung kita bisa menghemat biaya saat kita lagi kena kanker (kantung kering) dengan menyediakan sistem menabung disekolah.
b. sudah , seperti memberikan penjelasan lalu memberikan contoh soal dan dibahas sama sama
xi n3xa
a. Sudah, seperti menghemat uang saku dan sisanya di tabung, serta berpenampilan sederhana dan rapi tanpa berpakaian yang mahal.
b.Sudah,seperti memberikan contoh soal dan membahasnya bersama-sama dan itu sangat membuat siswa mengerti. Atau guru tersebut memberikan contoh di kehidupan masyarakat sehingga membuat siswa terinspirasi dengan catatan cerita tersebut bernilai positif.
b. sudah, seperti merisum. mbalajar mengambil ide pokok dan yang penting nya saja dan tida berpanjang lebar dengan mencatat semua isi yang ada.
B. sudah seperti menjelaskan pelajaran dengan memberikan contoh sederhana tentang materi yg di sampaikan dan salah satu contohnya adalah dengan memberikan program zelio agar dapat dimengerti.
B.pernah sperti mnyuruh memanfaatkn kertas bekas buat tugas , selagi hemat juga bermanfaat
2.sudah, seperti menjelaskan suatu masalah dengan singkat dan jelas
b.sudah,seperti mengajak siswanya untuk ikut aktif dalam belajar,diajari bagaimana rasanya hidup sederhana